Jul 05

Brambang Masuk Nominasi Lomba Desa Mandiri Energi

DEMAK – Biogas kotoran sapi di Desa Brambang, Kecamatan Karangawen membuat wilayah tersebut masuk nominasi untuk mengikuti lomba Desa dengan Energi mandiri yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, Kamis (5/7) tim penilai dari Pemprov Jateng datang mengunjungi desa tersebut.
Bupati Demak HM. Natsir yang hadir menyambut kedatangan tim penilai mengaku sangat optimis bahwa perwakilan Demak akan mendapatkan juara satu dan bisa mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk maju mengikuti penilaian lomba desa mandiri energi tingkat Nasioanal.
Ketua Tim Juri Dr. Hermawan, D.E.A menyampaikan, ada beberapa kriteria penilaian yang harus dipenuhi dalam lomba Desa Mandiri Energi. “kriteria yang harus dipenuhi untuk masuk nominasi lomba desa mandiri energi antara lain, Peran Pemerintah Daerah, pengelolaan Biogas itu sendiri, manfaat bagi masyarakat setempat, dan keberlanjutannya”, ungkap Hermawan. Ia melanjutkan, potensi ternak di desa Brambang sangat banyak tinggal bagaimana cara pemanfaatannya. “Berdayakan masyarakat supaya bisa mengetahui pemanfaatan biogas”, katanya.
Ketua kelompok tani “Tani Makmur” desa Brambang Rodli menjelaskan kalau didesanya terdapat 306 ekor sapi dan sebagian sudah terfasilitasi biogas. “Dengan bantuan dan bimbingan Dinas terkait kami akan terus kembangkan biogas di desa kami sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa memanfaatkannya”, ungkap Rodli.
Rodli melanjutkan, biogas ini sudah dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk penerangan dan memasak. “Dengan adanya biogas ini kami bisa berhemat”, katanya. (Humas Demak).