Bupati Demak Buka TMMD Sengkuyung II Di Kebonsari – KABUPATEN DEMAK

Jul 10

Bupati Demak Buka TMMD Sengkuyung II Di Kebonsari

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir selaku Inspektur upacara membuka Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sengkuyung II tahun anggaran 2018 di wilayah Kodim 0716 Demak di lapangan desa Kebonsari Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, Selasa (10/7).
Pada kesempatan tersebut, Natsir membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH, M.IP. Disebutkan, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong-royong membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan ketrampilan, sumbangan materi dan kebendaan, dan lain-lain.
”Saya selalu merasa senang atas kegiatan-kegiatan yang berbasis kegotong royongan untuk kemaslahatan sebagaimana TMMD. Membangun jalan dan jembatan bebarengan. Sudah banyak yang temoto dan sangat membantu aksesibilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, berkegiatan sosial, dan aktivitas lainnya. Kemudian memugar RTLH, membangun jambanisasi, ataupun sanitasi. Sangat baik untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih layak dan sehat”, ungkapnya.
”Belum lagi upaya-upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan. Ini luar biasa ditengah upaya kita mengatasi persoalan kemiskinan Jawa Tengah yang angkanya masih cukup tinggi yaitu 12,23% pada tahun 2017”, imbuhnya
Pembukaan kegiatan TMMD itu juga ditandai dengan penyerahan peralatan kerja secara simbolis dari Bupati kepada perwakilan anggota TNI dan perwakilan Linmas serta pemukulan kentongan. Usai upacara dilanjutkan peninjauan kesasaran TMMD yaitu pengecoran jalan bertulang sepanjang 452 M. Kepada sejumlah wartawan Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini bagus sekali karena dilakukan pada saat musim padi habis dipanen, dan sambil menunggu musim panen selanjutnya (polowijo), jeda waktu tersebut digunakan untuk kegiatan gotong royong bersama-sama membangun desanya. ”kegiatan seperti ini perlu kita tingkatkan lagi demi terciptanya masyarakat yang guyub”, tegasnya.
Sementara Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf. Abi Kusnianto menjelaskan, TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2018 di wilayah Kab Demak dilaksanakan mulai tgl 10 juli s.d 8 Agustus di Desa Kebonsari, Kec.Dempet Kab.Demak. Adapun sasaran berupa pengecoran Jalan bertulang sepanjang 452 M, Rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), jambanisasi serta pembuatan Poskamling. “Selain pekerjaan fisik, juga dilaksanakan kegiatan non fisik seperti, pembinaan masalah wawasan kebangsaan, bela Negara, penyuluhan kesehatan dan lain-lain”,
Peserta upacara meliputi 1 regu Korsik Polres Demak, 2 SST Kodim 0716/ Demak, 1 SST Polres Demak, 2 SST Linmas, 1 SSK Gabungan Ormas, 1 SST perangkat Desa, 1 SST Toga dan Tomas, 1 SSK gabungan PKK dan pelajar osis, 1 SST Pelajar Pramuka di samping peserta upacara hadir pula di kursi kehormatan dr.Singgih Setiyono.M.Kes (sekda Kab.Demak), Para asisten dan staf ahli Bupati Kabupaten Demak, Para Danramil jajaran Kodim 0716/Demak, Ka.OPD Kab.Demak, Muspika Kec.Dempet, Persit KCK Cab XXXVII Dim 0716/Demak, Kepala desa se Kec.Dempet, Tokoh masyarakat dan tokoh agama serta Tamu undangan. (Humas Demak)