Aug 07

Kesertaan KB Dibawah 60% Wabup Demak Resmikan Kampung KB Desa Kembangan

DEMAK – Wakil Bupati Demak Drs. Djoko Sutanto meresmikan kampung KB di desa Kembangan Kecamatan Bonang Kabupaten Demak, Selasa (7/8) sebagai upaya meningkatkan kesertaan KB. Desa tersebut dipilih karena kesertaan KB warganya masih dibawah 60%.
Kabid pengendalian penduduk penyuluhan dan penggerakan Dinpermades P2KB Sukarjo, SKM, M.Kes menjelaskan bahwa peresmian tersebut merupakan yang ke enam di tahun 2018. Sukarjo menjelaskan beberapa kriteria kenapa desa kembangan ini ditunjuk menjadi kampung KB. “Jumlah keluarga prasejahtera yang mencapai lebih dari 60 %, angka kesertaan KB yang reletif masih rendah dibanding desa lain di kecamatan Bonang, angka kesertaan KB yang masih di bawah 60 % sampai juni, serta merupakan daerah pinggiran dan miskin adalah alasan penting kenapa desa ini dicanangkan sebagai kampung KB”, ungkapnya.
Lebih lanjut Sukarjo menerangkan, tujuan dari pencanangan ini untuk meningkatkan peran serta pemerintah di tingkat OPD kecamatan maupun Kabupaten untuk fokus pada pembangunan kesejahteraan masyarakat, mengikutsertakan peran serta masyarakat dalam pembangunan terutama pembangunan kependudukan keluarga berencana dan ketahanan keluarga di desa tersebut, serta diharapkan keikutsertaan KB semakin meningkat dan menurunkan angka drop out sekolah serta ada ketahanan keluarga.
Ia juga berharap pada tahun berikutnya kampung tersebut bisa menjadi percontohan kampung lainnya. “Kesejahteraan masyarakat meningkat, angka kematian ibu dan bayi turun, stunting turun merupakan hal yang harus dicontoh kampung lain”, pungkasnya. (Humas Demak)