Sep 11

Bupati Demak Hadiri Workshop Penyembelihan Hewan Halal

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir berikan pengarahan kepada sejumlah peserta workshop Penyembelihan Hewan Halal bagi Rumah Penyembelihan Hewan dan Rumah Makan di Aula Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Senin (10/9). Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka Menyambut Tahun Baru Islam 1440 H.
Natsir mengaku sangat apresiatif terhadap penyelenggaraan workshop tersebut utamanya dalam memberikan pengetahuan kepada para peserta tentang tata cara penyembelihan hewan menurut syariat islam. “Bagi para pemilik rumah penyembelihan hewan dan rumah makan saya minta harus memiliki sertifikat halal dari MUI,” ungkap Bupati.
Ketua MUI Kabupaten Demak KH. Drs. Muhammad Asyiq menyampaikan sebelum melakukan penyembelihan hewan, kesejahteraan hewan perlu diperhatikan termasuk yang berhubungan dengan keadaan fisik dan mental hewan. “Mengingat aspek tersebut merupakan bagian dari prinsip halalan thoyyiban yang menjadi landasan dalam penanganan dan penyembelihan hewan. Termasuk harus terbebas dari berbagai macam penyakit,” jelas Asyiq.
Sementara, Drs. Eko Pringgo Laksito, M.Si selaku penyelenggara menjelaskan bahwa maksud diselenggarakan kegiatan tersebut adalah untuk pencerahan bagi semua pihak agar dijadikan rujukan bagi masyarakat terkait penyembelihan hewan qurban.
Kegiatan dengan jumlah 70 peserta dari unsur pengurus MUI se-Kabupaten Demak tersebut dihadiri auditor IPPAM MUI Jawa Tengah sekaligus Dosen LB UIN Walisongo Muhammad Shofa Mughtanim, Kabid Peternakan dan Keswan Ir. Dyah Purwatiningsih, MM serta Khodim PP. Fathul Huda M. Zaenal Arifin. (Humas Demak)