Sep 12

Kirab Islami Ramaikan Tahun Baru Islam

DEMAK – Peringatan tahun baru 1 Muharram 1440 Hijriyah berlangsung meriah. Selain menyelenggarakan doa dan istighosah, Pemkab Demak bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Demak menyelenggarakan Kirab Merah Putih dan juga Bazar Islami. Kedua kegiatan tersebut diselenggarakan di Alon-alon Simpang Enam Demak, Selasa (11/9).
Drs. Eko Pringgo Laksito selaku Ketua Panitia Penyelenggara mengungkapkan, bahwa berbagai kegiatan memang sengaja diselenggarakan untuk memeriahkan tahun baru Islam. “Demak itu kan Kota Wali. Jadi sudah seharusnya peringatan hari besar Islam dirayakan dengan meriah,” tuturnya.
“MUI bersama Pemkab selalu menerapkan nilai-nilai Islami dalam setiap perilaku masyarakat. Maka dari itulah, tepat kiranya jika kali ini kami mengambil tema Mewujudkan Generasi Islami yang Beraqidah dan Berakhlakul Karimah di Era Milenial. Harapannya melalui kegiatan seperti ini kita bisa menerapkan nilai Islami sejak dini,” tambahnya.
Karnaval islami yang dikemas menjadi kirab merah putih diikuti oleh 39 peserta yang berasal dari SD, SMP, SMA, SMK, Universitas, pondok pesantren serta organisasi Islam yang ada di Kabupaten Demak. Mereka menunjukkan berbagai kebolehannya di depan Bupati, Wabup dan jajaran Forkopimda. Seperti tarian zipin yang menjadi tari khas Demak serta teatrikal yang menceritakan peran kyai dalam kehidupan sehari-hari.
Selain karnaval Islami juga diselenggarakan Bazar UMKM yang diikuti oleh beberapa pengusaha UMKM. Seperti pengusaha kuliner, konveksi dan batik khas Demak. Juga stand kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Demak. dalam bazar yang diselenggarakan selama dua hari tersebut, masyarakat tampak antusias mengunjungi berbagai stand.
Saeroni, salah seorang pengunjung berharap bahwa kegiatan semacam ini dapat diselenggarakan secara rutin. “Ini merupakan hiburan rakyat yang murah meriah. Jadi mohon untuk diselenggarakan secara rutin”, pungkasnya (Humas Demak)