Sep 13

Rapat Koordinasi Kerjasama Pemerintah Kabupaten Demak Tahun 2018

DEMAK – Wakil Bupati Demak Drs. Djoko Sutanto hadir pada acara Rapat Koordinasi Kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Demak Tahun 2018 di Gedung Bina Praja, Rabu (12/9). Dalam sambutannya Wakil Bupati Demak mengungkapkan harapannya terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Demak semakin menjalin kerjasama sama dengan pihak ketiga, yaitu pihak yang terkait dengan kemajuan Kabupaten Demak untuk mengembangkan Kabupaten Demak. ”termasuk dalam perkembangan pariwisata, infrastruktur dan juga kesejahteraan masyarakatnya,” ungkap Joko.
Ketua penyelenggara kegiatan, Anang Ruhiat, AP mengatakan maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah dalam rangka memacu dan mendorong implementasi kerjasama Daerah Kabupaten Demak. Sedangkan untuk tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan komitmen bersama seluruh Kepala Perangkat Daerah dalam upaya peningkatan kerjasama daerah dengan menjalin kerjasama dengan Pemda lain, BUMN, atau pihak swasta sesuai bidang tugas pokok dan fungsi masing – masing Perangkat Daerah.
Sekda Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes selaku narasumber kegiatan dengan tema ‘Urgensi Kerjasama daerah pada Rakor Kerjasama Daerah Kabupaten Demak’ tersebut mengatakan, argumen dasar kerjasama wajib yaitu untuk menangani pelaksanaan urusan pemerintahan yang mempunyai eksternalitas melewati batas – batas administratif pemerintahan, akan lebih efisien kalau urusan tersebut dikerjasamakan karena pertimbangan economies of scale, menghindari kondisi zero sum game, dan kalau mau bekerjasama diberikan insentif.
Ia melanjutkan, tujuan kerjasama tersebut memberikan sarana mementapkan hubungan dan keterikatan Daerah, menserasikan Pemerintah Daerah, mensinergikan potensi Daerah, meningkatkan pertukaran Iptek, dan mengurangi kesenjangan penyedianan fasilitas umum antar Daerah.
Kegiatan tersebut dihadiri 54 peserta dari unsur seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Demak, Bank Jateng, BPJS, PLN, dan Telkom Demak. (Humas Demak)