Sep 14

Mewujudkan Kabupaten Demak Layak Anak Tingkat Pratama Menjadi Tingkat Madya

DEMAK – Anugerah Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama yang diterima oleh Bupati Demak HM. Natsir pada 23 Juli lalu dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menjadi motivasi tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Demak untuk mewujudkan Kabupaten Demak layak Anak tingkat pratama menjadi tingkat Madya. Atas dasar itulah Dinsos P2PA Kabupaten Demak menyelenggarakan Rakor Gugus Tugas Kabupaten Demak Layak Anak tahun 2018 di Gedung Binapraja kabupaten Demak, Kamis (13/9).
Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes selaku koordinator Kabupaten Layak Anak Kabupaten Demak memimpin rakor tersebut. Singgih minta kepada semua yang hadir supaya lima cluster hak anak yang harus dipenuhi agar terus ditingkatkan. “Lima cluster yang harus dipenuhi agar KLA bisa terwujud, adalah hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus bagi anak,” jelas Singgih. Ia berharap kerjasama lintas sektor terus ditingkatkan.
Menurut Singgih, sebagai bentuk tindak lanjut yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan Kabupaten Demak Layak Anak tingkat Pratama menjadi tingkat Madya diantaranya, OPD yang belum memiliki ruang laktasi, sudut baca, ruang dan taman bermain agar segera memiliki; bertambahnya dan dibangunnya ruang bermain ramah anak (RBRA) sesuai dengan ketentuan dari kementerian PPPA; meningkatkan peran dunia usaha; bertambahnya jumlah puskesmas ramah anak; bertambahnya jumlah sekolah ramah anak; bertambahnya rute aman dan selamat ke dan dari sekolah; dan dibangunnya pusat kreatifitas anak (PKA).
Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Demak Dra. Tatik Rumiyati berharap dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan Demak Kabupaten Layak Anak dari tingkat Pratama menjadi tingkat Madya.
Rakor tersebut dihadiri gugus tugas Kabupaten layak Anak dari unsur Polres, Kejaksaan, OPD dan Camat se-kabupaten Demak serta unsur dunia usaha. (Humas Demak)