Oct 09

Demak Luncurkan Gerakan Minum Obat Filariasis

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir, Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto beserta Forkopimda turut berpartisipasi dalam peluncuran gerakan minum obat penyakit kaki gajah bersama masyarakat dan pelajar di gedung IPHI Kecamatan Karanganyar, selasa (9/10). Hal iu dilakukan dalam rangka menuju Demak bebas penyakit kaki gajah.
Dalam sambutannya Bupati Natsir minta kepada para kader kesehatan untuk memastikan bahwa setiap warga mau minum obat kaki gajah. “Motivasi mereka, berikan penjelasan dan informasi selengkap lengkapnya kepada masyarakat apa itu filariasis,” tegasnya.
Natsir berharap kegiatan minum obat kaki gajah yang dilaksanakan serentak tersebut dapat dilaksanakan secara tuntas setiap bulan Oktober hingga tahun 2020 mendatang.
Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Guvrin Heru Putranto, SKM, MM menyatakan sejak tahun 2015 sebanyak 46 kasus filariasis ditemukan di 12 Kecamatan di Kabupaten Demak. Untuk mengantisipasi hal itu, lanjut Guvrin, dibutuhkan peran aktif bersama guna memutus mata rantai perkembangbiakan cacing filaria.
“Apapun jumlah sasaran yang telah didata untuk minum obat filariasis itu sebanyak satu juta tujuh puluh ribu dua puluh lima orang yang meliputi usia 2 sampai dengan 70 tahun,” kata Guvrin.
Ia juga menyatakan, tujuan kegiatan minum obat cacing bersama tersebut untuk meyakinkan bahwa seluruh masyarakat Kabupaten Demak terbebas dari penyakit kaki gajah.
“Tahun ke tiga ini dilaksanakan di Kecamatan Karanganyar dimana sebelumnya tahun pertama di Kecamatan Bonang dan tahun ke dua berlangsung di Kecamatan Gajah,” pungkasnya.
Turut hadir pada kesempatan tersebut kepala OPD se-Kabupaten Demak dan para Camat se-Kabupaten Demak. (Humas Demak)