Oct 10

Kepala Desa dan Perangkatnya Harus Tercover JKN-KIS

DEMAK – Kepala Desa merupakan elemen utama dalam pelayanan masyarakat di desa. Jika penyelenggara pemerintahannya memiliki kualitas kesehatan yang bagus, maka secara tidak langsung kualitas pelayanan juga menjadi berkualitas. Oleh sebab itu Kepala Desa beserta perangkatnya diharapkan turut serta dalam program JKN-KIS. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M. Kes. dalam acara Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Kabupaten Demak Tahun 2018 di Pendopo Kabupaten Demak, Selasa (9/10).
Adapun kondisi saat ini, lanjut Singgih, rata-rata desa belum menganggarkan dana iuran program JKN-KIS bagi perangkat desa. Hal itu disebabkan adanya keberatan dari peserta yang sudah di cover oleh suami / istri, dan adanya Peserta Bantuan Iuran (PBI) yang tidak mau berganti status menjadi pekerja (PPU).
Singgih berharap agar semua desa di wilayah Kabupaten Demak untuk segera mendaftrakan perangkat desanya pada program JKN-KIS. “segera buat forum musyawarah antara Kades dengan BPD terkait untuk penganggaran dengan ketentuan 3% dibayar oleh DD/ADD, dan yang 2% dibayar oleh peserta,” tegas Singgih.
Ia juga menjelaskan bahwa landasan hukum yang digunakan terkait program JKN-KIS adalah UU no. 40 tahun 2004 tentang system jaminan kesehatan nasional, UU no. 24 tahun 2011 tentang badan penyelenggaraan jaminan social, PP no. 86 tahun 2013, PerPres no. 12 tahun 2013, PerPres no. 111 tahun 2013, PerPres no. 19 tahun 2016, dan PerPres no. 28 tahun 2016 yang mana setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program jaminan sosial.
Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Demak Wahyu Setyorini, Asisten I dan Asisten III, dan Inspektur Kabupaten Demak Kurniawan Arifendi, ST.
Adapun pesertanya berjumlah 520 orang dari unsur Kecamatan se-kabupaten Demak, Kades Desa se-kabupaten Demak, dan BPD Desa se-Kabupaten Demak. (Humas Demak)