Nov 02

Sekda Demak Sambut Baik Kunjungan Komisi Irigasi Kal Sel

DEMAK – Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M. Kes didampingi para Asisten Sekda Demak sambut baik kunjungan Komisi Irigasi Provinsi Kalimantan Selatan dan Jawa Tengah di Kabupaten Demak. Rombongan diterima di Gedung Gradika Bina Praja, jum’at (2/11).
Dalam pengantarnya Singgih menyampaikan, ketersediaan air di Kabupaten Demak berasal dari waduk Kedungombo, Rawapening, Bendung dan pompanisasi. Ketersediaan air itulah yang digunakan untuk irigasi di area pertanian di wilayah Demak. “Dengan memanfaatkan ketersediaan air tersebut Demak saat ini mampu menjadi daerah penyangga pangan nomor tiga di Jawa Tengah,” lanjutnya.
Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan Ir. Suri Sudarmadya, MT mengatakan bahwa maksud kunjungan tersebut dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pengalaman secara langsung dilapangan terkait irigasi.
Suri juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Demak atas penerimaan yang sangat luar biasa. “Ini merupakan langkah awal untuk menjalin silaturahmi dengan Jawa Tengah dan Demak,”. ungkapnya.
Rombongan yang terdiri dari tujuh Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan itu sangat antusias saat Kepala Dinputaru Kabupaten Demak Drs. Doso Purnomo berikan penjelasan tentang sistem irigasi yang ada di wilayah Kabupaten Demak. Hal itu terlihat adanya beberapa peserta yang antusias menyampaikan beberapa pertanyaan untuk nantinya dapat diaplikasikan dalam melaksanakan tugas di daerahnya yaitu kalimantan selatan.
Dalam penjelasannya Doso menerangkan, Waduk kedungombo mengairi wilayah Demak meliputi Kecamatan Gajah, Karanganyar, Mijen, Wedung, Demak, dan Bonang. Sedangkan ketersediaan air di Bendung dimanfaatkan untuk irigasi pertanian di Klambu, Jragung, Guntur, Barang dan Pucang Gading. Rawa pening juga dimanfaatkan untuk irigasi di wilayah Demak. untuk areal yang tidak terdapat jaringan irigasi, untuk mendapatkan air melalui pompanisasi air dari avour.
Adapun tujuh Kabupaten/Kota yang ikut dalam rombongan yaitu, Kabupaten Hulu Sungai utara, Tanah Bumbu, Barito Kuala, Banjar, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan dan kota Banjar Baru. (Humas Demak)