Nov 08

Sekda Demak Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba & IMS

DEMAK – Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.kes memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba dan spirit pemuda sebagai generasi penerus bangsa di Pendopo Kecamatan Mranggen, senin (5/11).
Dalam sambutanya Singgih menyampaikan kepada para pelajar untuk tidak tergoda dengan narkoba, karena dapat merusak manusia baik fisik, emosi maupun perilaku pemakainya dan bila over dosis bisa menyebabkan kematian. ”Jika kalian pengen menjadi orang sukses maka ikutilah orang yang sukses, ” pesan Singgih kepada para pelajar yang memenuhi ruang acara.
Selain itu Singgih juga menjelaskan tentang kesehatan reproduksi. Kesehatan reproduksi adalah suatu keadaan fisik, mental dan sosial yang utuh, bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya. Adapun faktor yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan reproduksi antara lain faktor sosial-ekonomi, budaya dan lingkungan, psikologis, serta biologis.
Lebih lanjut Sekda Demak yang juga berprofesi dokter itu menjelaskan tentang IMS. IMS adalah gangguan/ penyakit yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak hubungan seksual. Adapun jenis-jenis IMS antara lain herpes, sifilis, gonore, trikomoniasis, ulkusmole, HIV/AIDS, Klamidia dan kutil kelamin.
Penyakit-penyakit tersebut bisa tertular melalui berhubungan seks dengan penderita HIV/AIDS, transfusi darah yang sudah tercemar virus HIV, penggunaan jarum suntik yang tidak steril atau jarum tindik secara bersama atau bergantian dengan orang yang terinveksi HIV, dan penularan HIV dari ibu yang terinveksi HIV ke janin dalam kandungannya.
”Mari kita cegah penyakit menular dengan tidak berhubungan seks saat jauh dari pasangan, tidak gonta ganti pasangan, tidak mengkonsumsi narkoba dan aktif mencari informasi yang benar,” pungkasnya.
Acara ini dihadiri oleh kasat reserse narkoba Polres Demak, Forkopimcam Kecamatan Mranggen, karangtaruna, IPNU, IPPNU dan pengurus OSIS SLTA diwilayah Kecamatan Mranggen. (Humas Demak)