Nov 29

Tinjau Peternakan Di Mranggen, Pemkab Serahkan Bantuan 10 Sapi Bunting

DEMAK – Asisten Sekda Bidang Administrasi Agus Supriyanto, SH.MM. menyerahkan bantuan secara simbolis berupa masing – masing 10 sapi betina bunting dan 1 unit kandang sapi kepada 4 kelompok tani di Kecamatan Mranggen, Karangawen dan Guntur. Hal itu dilakukan saat kunjungan kerja dalam rangka meninjau pembangunan di bidang peternakan di Desa Mranggen, Rabu (28/11).
Dalam sambutannya Agus mengatakan, mahalnya daging sapi bagi masyarakat Indonesia berdampak pada kenaikan inflasi. “Untuk itu dilakukan upaya dengan meningkatkan produksi sapi dengan memperbanyak tempat pembibitan sapi,” ungkapnya.
Dijelaskan, di Kabupaten Demak sendiri kini mulai digalakkan peengembangbiakan sapi putih/lokal yaitu sapi brahman dan peranakan ongole untuk menyediakan calon indukan yang berkualitas. “Dengan adanya pos pembibitan di Desa Mranggen ini diharapkan pengembangbiakan ternak sapi potong dapat lebih terbina dan terawasi oleh pemerintah,” katanya.
Menurutnya, sebagai bentuk kepedulian pemerintah juga menyelenggarakan Asuransi Usaha Ternak Sapu(AUTS). Ini merupakan upaya melindungi kerugian peternak akibat adanya ternak yang mati. “Jaga kebersihan lingkungan pos pembibitan sehingga ketersediaan bibit sapi potong yang nerkualitas dapat terpenuhi,” pesannya.
Agus juga meminta kepada Dinas Pertanian agar dapat melakukan pendampingan kepada kelompok ternak yang mau dan berkeinginan untuk maju serta berkembang. “Lakukan pembinaan dan pengawasan bagaimana administrasinya, kelembagaannya, pelaksanaan pencatatan, cara mengawinkan ternak hingga bagaimana memelihara terrnak agar bisa berkembang dengan baik sehingga bantuan ini tepat sasaran dan tepat manfaat,”tuturnya.
Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Demak Ir. Wibowo,MM. Menyampaikan bahwa Kabupaten Demak sejak tahun 2010 terus mengembangkan ternak sapi. “Alhamdulillah bantuan ternak yang kita berikan hasilnya cukup bagus,” ungkapnya.
Ia juga mengatakan untuk mencari sapi bunting tidak lah mudah, harus pesen dulu. Itu pun harus dibuktikan dengan surat keterangan bahwa sapi tersebut bunting. “Tolong dipelihara dengan baik supaya hasilnya juga bisa seperti apa yang kita harapkan,” pungkasnya.
Usai acara tersebut Agus Supriyanto beserta yang hadir melakukan peninjauan ke kandang sapi kelompok petani “Tani Santoso”.
Hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Drs. Dwi Heru Asyanto, Camat Mranggen, Forkopimcam Mranggen, Kepala Desa Mranggen, anggota kelompok tani ternak Desa Mranggen, Karangawen dan Guntur serta petugas peternakan kecamatan dan petugas penyuluh lapangan. (Humas Demak)