Dec 07

Pengajian Umum Peringatan Maulidurrasul Muhammad SAW 1440 Hijriyyah

DEMAK – Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, dr. Singgih Setyono, M. kes menghadiri Pengajian Umum Peringatan Maulidurrasul Muhammad SAW 1440 Hijriyah di Serambi Masjid Agung Demak, Selasa (4/12).
Dalam sambutan Bupati Demak, yang dibacakan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak, Drs. Eko Pringgo laksito, mengatakan dalam kehidupan bermasyarakat, pemerintah dan ulama memiliki kedudukan yang sejajar, dan memiliki tujuan sama yakni membawa umat masyarakat ke arah yang lebih baik. Sudah seharusnya dapat saling mengisi dan memberi masukan yang positif demi terwujudnya masyarakat madani yang islami.
Hal yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak kegiatan-kegiatan keagamaan, sehingga masyarakat mendapat pencerahan hati di bawah bimbingan para ulama dan kiai. Bupati mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid sebagai tempat ibadah, pembinaan umat, dan pusat kegiatan da’wah. Selain itu juga agar memperbaharui kembali niat, tekad, dan semangat dalam meneladani perilaku serta perjuangan junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.
Sementara itu tausiah KH. Ahmad Asnawi dari Kudus mengatakan akhlak Rasulullah adalah akhlak Al-Qur’an. Tutur kata beliau halus tidak menyakiti dan sikap beliau lembut penuh kasih sayang. Tidaklah Rasulullah SAW diutus kecuali sebagai rahmat bagi semesta alam. Pedoman akhlak Rasulullah SAW bersumber dari wahyu Tuhannya, Al-Qur’an. Ajaran Nabi Muhammad SAW adalah Islam yang penyayang, bukan penuh kebencian. Islam berarti damai dan memberi selamat. Dalam makna ini kebencian tidak mendapat ruang sedikitpun dalam Islam. Oleh karena itu masyarakat perlu meneladani sikap dan perbuatan Nabi Muhammad SAW
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ta’mir Masjid Agung Demak ini bertujuan untuk menjadikan sarana atau wadah untuk menjalin hubungan silaturahmi antar warga dan jama’ah Majlis Ta’lim, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui aplikasi ilmu atau amal ibadah dalam kehidupan sehari-hari, serta meneladani akhlaq terpuji Nabi Muhammad SAW guna mewujudkan tatanan masyarakat madani yang islami.
Acara diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-qur’an, dzikir tahlil, serta sholawat Barzanji. Hadir dalam kesempatan tersebut, Habib M. Lutfil Hakim Bafaqih. (Humas Demak)