Jan 08

WTP Harus Kita Raih Kembali

DEMAK – Wakil Bupati Demak Drs. H. Joko Sutanto berikan pembinaan kepada Camat se-Kabupaten Demak di ruang pertemuan Wakil Bupati Demak lantai 2, Senin (7/1).
Dalam arahannya, Joko menggambarkan bahwa sekarang ini dana yang dialokasikan langsung ke Desa-desa baik dari Pemerintah pusat maupun daerah tidaklah sedikit. Oleh karena itu desa menjadi bahan sorotan bagi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Melihat hal itu, harus ada persiapan lebih rinci dan detail mengenai laporan pertanggungjawaban keuangan di masing-masing desa.
Wabup berharap adanya arahan dan gerakan dari Kepala wilayah yaitu Camat, “Berdayakan Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan pendamping desa sehingga bisa meringankan beban anda semuanya. Sehingga tahun 2019 ini Kabupaten Demak bisa kembali meraih WTP untuk penilaian keuangan tahun 2018,” pungkasnya.
Sementara, Ahmad Nur Wahyudi, SH, MH, Plt. Kepala Dinpermasdes P2KB Kabupaten Demak menjelaskan, rapat kordinasi tersebut bertujuan untuk mempersiapkan kesiapan OPD Kecamatan dalam menghadapi BPK yang diperkirakan masuk ke Demak diminggu ke dua bulan Januari 2019. “Kita menginginkan pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan DD (Dana Desa) dan Alokasi Dana Desa (ADD) agar dinilai baik dan benar sesuai penilaian BPK. Sehingga WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) bisa diraih ketiga kalinya oleh Kabupaten Demak,” terang Wahyudi.
Pada tahun ini, lanjutnya, Dinpermasdes P2KB telah bekerjasama dengan Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Demak dan Inspektorat Kabupaten Demak untuk melakukan monitoring dan evaluasi. Dari hasil monev tercatat, penyerapan anggaran dana desa dari 243 desa di Kabupaten Demak yang melalui tahapan pencairan dana saat ini sudah mencapai 100 persen.
Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Bagian Tata Pemerintahan Edi Suntoro, SE. (Humas Demak)