Jan 10

Bupati Natsir Pimpin Apel Siaga Bencana 2019

DEMAK – Memasuki musim penghujan kali ini Polres Demak menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019 di Lapangan Obyek Wisata Pantai Morosari Desa Bedono Sayung Demak, Kamis (10/1). Bupati Demak HM. Natsir yang secara langsung memimpin apel tersebut mengatakan, Apel kesiapsiagaan bencana itu sangat penting dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk koordinasi bersama seluruh unsur yang terkait dengan kebencanaan. ”BPBD sebagai koordinator penangganan bencana saya harapkan dapat menjembatani seluruh unsur terkait, cepat lakukan koordinasi dengan PMI, TNI, Polri, relawan maupun pihak kecamatan dan desa,” ungkap Natsir.
Ia minta kepada semua pihak terkait untuk bersatu padu melakukan langkah-langkah antisipasi. ”Termasuk apabila benar-benar terjadi bencana, resikonya bisa ditekan seminimal mungkin,” imbuh Bupati. Ia berharap antara pemerintah dan masyarakat dapat terjalin sinergitas dalam upaya penanggulangan bencana.
“Kepada seluruh peserta apel, mari berperan aktif dalam kebersihan lingkungan. Jadilah inisiator dilingkungan saudara. Lakukan gotong royong, kerja bakti membersihkan gorong-gorong saluran air dari sampah yang menghambat aliran air. Pilah sampah sesuai dengan jenisnya. Kelola bank sampah di wilayah masing-masing,” ajaknya.
”Bencana memang tidak bisa kita hindari. Namun setidaknya dapat kita antisipasi dan berikan reaksi cepat melalui prediksi kepada masyarakat untuk meminimalisir jatuhnya korban,” pungkasnya.
Sementara, Kapolres Demak AKBP Arief Bachtiar mengatakan, Apel Kesiapsiagaan dilaksanakan untuk mengecek personil, sarana dan prasarana, langkah- langkah penanggulangan bencana baik sebelum maupun apabila setelah bencana alam. “Polres Demak berupaya melakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat pesisir agar mereka selalu mendapatkan informasi dari BMKG mengenai cuaca dan peta rawan bencana,”ujarnya.
Dia menambahkan, Polres Demak, TNI, BPBD harus siap siaga apabila terjadi bencana alam. Polres Demak telah melakukan latihan dalam menghadapi bencana alam. Polres Demak melakukan himbauan melalui patroli air dengan menyambangi nelayan dan wisatawan untuk selalu waspada terhadap kondisi alam. “Apabila ombak tinggi dan angin kencang, pihaknya mengimbau nelayan untuk tidak melaut, termasuk wisatawan pesisir laut agar tidak wisata terlebih dahulu,” harapnya.
Menurutnya, hal itu sebagai upaya Polres Demak untuk memberikan jaminan keamanan masyarakat baik masyarakat pesisir pantai maupun wisatawan.
Hadir pada kegiatan tersebut, Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar, SIK, MM, dan Dandim 0716 Demak Letkol Inf. Abi Kusnianto, Forkopimda Kabupten Demak, Kepala BPBD, seluruh Camat, Kapolsek, Danramil Se Kabupaten Demak, Kasat Polair serta para relawan baik dari BPBD, Tagana, PMI, Kades dan seluruh perangkat Desa Bedono Sayung Demak.
Usai apel, dilakukan pengecekan semua kendaraan operasional dan perahu-perahu karet yang dimiliki Polres Demak, Kodim 0716 Demak dan BPBD Demak, dilanjutkan menikmati sarapan bersama peserta apel kemudian ziarah ke makam Syech Mudzakir. (Humas Demak)