Pengadaan Tong Sampah, Pemdes Karang Rejo Ajak Warganya Peduli Lingkungan
>
>
Pengadaan Tong Sampah, Pemdes Karang Rejo Ajak Warganya Peduli Lingkungan

DEMAK – Penggunaan DD/ADD sudah seyogyanya tidak hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, namun juga kegiatan pemberdayaan masyarakat. Seperti yang dilakukan Desa Karangrejo yang terletak di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Di tahun 2019 selain untuk pembangunan infrastruktur, ADD digunakan untuk pengadaan tong sampah.
Kepala desa Karang rejo, Mat Kuoso saat ditemui dirumahnya, Jum’at (18/1) mengatakan, pengadaan tong sampah ‘satu rumah satu tong sampah’ itu dilakukan sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat dalam mengelola sampah. “Sebelumnya, pengolahan sampah di desa saya dilakukan dengan cara di bakar dan ditimbun di tanah. Selain itu ada yang membuang sampah di tepi sungai, padahal perilaku tersebut sangat tidak terpuji karena akan menyebabkan banjir,” ungkapnya.
Kuoso juga mengatakan, ketersedian pembuangan sampah di pedesaan masih sangat minim. Namun dengan adanya bantuan tong sampah tersebut diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi warga untuk hidup bersih bebas dari sampah. “Ke depan masyarakat Karang rejo akan kami arahkan untuk memilah sampah sesuai dengan jenisnya,” ungkapnya.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak Drs. Agus Musyafak melalui Kasi Pengelolaan Sampah Wijiati mengaku sangat apresiatif terhadap Desa yang menggunakan Anggaran Dana Desanya untuk mengelola sampah seperti di Desa Karangrejo. “kami memang menganjurkan agar setiap desa di wilayah Demak mampu menerapkan program pengadaan tong sampah sendiri dari Anggaran Desa,” imbuhnya.
Wijiati melanjutkan, setiap orang suka tempat yang bersih karena bersih pangkal kesehatan. Dengan lingkungan yang bersih, pikiran juga akan lebih mudah menemukan ketenangan, begitupun dengan hati dan jiwa. “Jika tidak bisa membersihkan maka setidaknya jangan mengotori dan buanglah sampah pada tempatnya,” pungkasnya.
Yasiroh, salah satu warga Desa Karangrejo Rt 05 Rw 02 mengaku senang dengan adanya bantuan tong sampah tersebut. “Tong sampah ini sangat membantu. Kami tidak bingung lagi mau menaruh sampah dimana,” katanya. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart