Pelaku UMKM Wajib Bayar Pajak
>
>
Pelaku UMKM Wajib Bayar Pajak

DEMAK – Seluruh pelaku usaha, baik itu pelaku UMKM atau pengusaha besar wajib hukumnya membayar pajak. Hal tersebut terungkap dalam dialog interaktif yang diselenggarakan oleh LPPL Radio Suara Kota Wali (LPPL RSKW), Kamis (24/01). Acara yang berjudul “1 jam bersama KPP Pratama” itu mengambil tema Pajak UMKM 0,5%. Hadir sebagai narasumber Kasie Ekstensifikasi dan Penyuluhan Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Pratama Kabupaten Demak, Syarif dan didampingi oleh Nur Fuad dan Taufiq selaku petugas penyuluh KPP Pratama.

“Setiap pelaku usaha, baik itu yang memiliki perusahaan besar ataupun hanya pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) wajib hukumnya membayar pajak. Bahkan yang jualan online pun harus bayar pajak. Hal ini jelas tertulis dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 tahun 2018”, jelas Syarif. Adapun ketentuan besarnya pajak yang dibayarkan dihitung sesuai dengan omset per tahunnya.

“Jika omsetnya dibawah 4,8 milyar, wajib pajak dikenakan pajak penghasilan sebesar 0,5%. Namun, jika omsetnya diatas 4,8 milyar, wajib pajak harus membayar sesuai ketentuan. Semua tertuang dalam PP nomor 23 tahun 2018,” lanjutnya.

Adapun pembayaran pajak bisa disetor langsung, dipungut atau dipotong. “Pelaku usaha dapat memilih cara pembayaran pajak penghasilan. Jika memilih menyetor langsung, maka wajib pajak harus menghitung omset per bulannya, lalu hitung pajak UMKMnya.”.

Hal senada juga disampaikan oleh Taufiq selaku petugas penyuluh KPP Pratama Demak. Menurutnya, setiap pelaku usaha harus melaporkan omset yang didapat secara benar dan akurat.

“Negara kan sudah memberi kepercayaan kepada warganya. Maka, laporkanlah secara benar. Kalau omsetnya memang diatas 5 milyar setahun, ya laporkan apa adanya. Jangan dikurangi. Berikan informasi sebenar-benarnya,” ungkapnya.

Diakhir sesi, Syarif mengajak seluruh wajib pajak yang memiliki usaha, untuk segera melaporkan SPT Tahunannya. “Meski batas akhir SPT tahunan orang pribadi adalah 31 Maret dan Badan usaha itu 30 April, tapi laporkan sejak sekarang. Sehingga anda juga bisa berkonsultasi dengan lebih leluasa. Lebih awal lebih nyaman”, pungkasnya.  (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart