KT. Sumber Rejeki Desa Jerukgulung Dapat Kunjungan Dari Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah
>
>
KT. Sumber Rejeki Desa Jerukgulung Dapat Kunjungan Dari Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah

DEMAK – Petani cabe Kelompok Tani Sumber Rejeki desa Jeruk Gulung Kecamatan Dempet Kabupaten Demak mendapat kunjungan dari Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah pada Senin (28/1). Hal itu dilakukan dalam rangka monitoring pengelolaan hasil panen cabe di desa tersebut. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir. Wibowo yang didampingi Kabid Tanaman dan Pangan Kabupaten Demak Heru Wuryanta, STP, MP.
Seperti diketahui, jelas Bowo, sebagai respon atas rendahnya harga cabai pada musim panen raya beberapa waktu lalu, telah dilaksanakan Gerakan Selamatkan Petani Cabai yang dicanangkan oleh Bupati Demak melalui Surat Bupati Demak nomor: 520/0019 tanggal 17 Januari 2019. Surat edaran tersebut berisi himbauan bahwa ASN dan BUMD membeli cabai dari petani dengan harga Rp 18.000,-/kg.
Sementara, lanjut Bowo, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak membantu memfasilitasi kerjasama kemitraan antara petani cabai dengan PT. Indofood CBP dan Lotte Mart. “Kesepakatan kemitraan Lotte Mart dengan petani cabai Poktan Sido Asih Desa Surodadi Kecamatan Gajah mengharuskan pihak petani tiap hari Kamis seminggu sekali diharuskan melakukan pengiriman 3 kuintal cabai ke Lotte Mart,” jelasnya.
Selain cabai, jelas Bowo, pihak Lotte Mart juga menerima produk hortikultura lain diantaranya kacang panjang, tomat, terong, ketimun, semangka, bunga kol, melon, dll.
Sedangkan hasil kesepakatan kemitraan dengan PT. Indofood CBP, lanjut Bowo, Petani cabai yang tergabung dalam Gapoktan Sumber Tani Desa Jerukgulung harus menyediakan cabai sebanyak 1 ton per minggu dengan sistem pembelian langsung. “Jika harga pasar petani di Demak lebih rendah dari BEP (Break Even Point), maka harga BEP yang berlaku sebagai harga beli/ jual. Jika harga pasar petani di Demak lebih besar dari BEP maka harga pasar petani di Demak yang berlaku sebagai harga jual/beli. Pembelian 1 ton cabai dimulai pada tanggal 28 Januari 2019 dengan BEP Rp. 10.629,-,” terangnya.
Pada kesempatan itu, Kepala Desa Jerukgulung Kecamatan Dempet Moh. Sofyan mewakili Kelompok Tani Desa tersebut menyampaikan usulan kepada DPRD Provinsi Jateng. Pihaknya meminta bantuan pompanisasi serta pembukaan pintu air Kedungombo agar diusahakan pada awal Bulan September sehingga MT.I bisa dimulai lebih awal.
Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jateng Drs. RM. Yudhi Sancoyo, MM menampung usulan tersebut dan menyarankan, jika ada masalah atau persoalan yang dialami petani, untuk menghindari konflik penyelesaiannya hendaknya dilakukan dengan cara musyawarah mufakat. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart