Pemkab Demak Dorong Masyarakat Cegah Dini Penyakit Kusta
>
>
Pemkab Demak Dorong Masyarakat Cegah Dini Penyakit Kusta

DEMAK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak mengadakan Rapid Village Survey (RVS) di Desa Jungsemi Kecamatan Wedung, Kamis (24/1). Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam melakukan deteksi dini penyakit kusta. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Guvrin Heru Putranto, SKM.
Ia menjelaskan bahwa kegiatan RVS dilaksanakan selama dua hari. Agenda hari pertama sosialisasi tentang penyakit kusta dan hari kedua Skrining atau pemeriksaan kusta. Adapun materi sosialisasi berupa penjelasan tentang ciri-ciri kusta, penyebab, cara penularan, cara pencegahan maupun pengobatan penyakit tersebut. “Penemuan penderita sedini mungkin sangat berguna untuk mencegah kecacatan dan penularan ke warga sekitar” ujar Guvrin.
Ia menyatakan bahwa masyarakat terlihat sangat antusias. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya yang hadir pada kegiatan Skrining di Polindes dan dirumah warga. Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan satu orang yang dinyatakan menderita kusta. Penderita langsung diberi obat dan dimotivasi untuk minum obat secara teratur sesuai program pengobatan.
“Bagi masyarakat Demak, apabila menemukan adanya bercak putih ataupun merah, tidak gatal dan tidak berasa serta tidak berambut segera periksakan ke Puskesmas terdekat,” tegas Guvrin.
Sementara, Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Heri Winarno menuturkan, peserta sosialisasi sebanyak 50 orang di antaranya para tokoh masyarakat, perangkat dan kader desa Jungsemi. Adapun Nara sumber dari Dinas Kesehatan yaitu Wasor Kusta Kabupaten Demak M Tamsir dan Kepala Puskesmas Wedung 2 dr. Eka Novariyanti Dalemunte.
Kepala Desa Jungsemi Irsyad mengatakan, masyarakat sangat mendukung kegiatan RVS ini dan bahkan Pemerintah Desa Jungsemi memberikan bantuan genteng kaca kepada rumah penderita kusta dan sekaligus dipasangkan guna mencegah penularan pada anggota keluarga dan masyarakat. “Kami sangat mendukung kegiatan RVS ini, bahkan Pemerintah di Desa Jungsemi memberikan bantuan genteng kaca kepada rumah penderita kusta dan sekaligus dipasangkan guna mencegah penularan pada anggota keluarga dan warga,” ujarnya  (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart