PMI Demak Siap Siaga Antisipasi Bencana
>
>
PMI Demak Siap Siaga Antisipasi Bencana

DEMAK – PMI Kabupaten Demak selalu siap siaga untuk mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi selama musim hujan ini. Oleh sebab itu dibentuklah posko siaga bencana yang buka 24 jam. Demikian disampaikan Kepala Markas PMI Kabupaten Demak Ade Heryanto saat ditemui di Posko Siaga bencana PMI Kabupaten Demak, Selasa (29/1).
Menurutnya, posko tersebut bertujuan untuk menyiapkan kesiapsiagaan PMI khususnya pada Musim Hujan seperti saat ini. “Dengan adanya posko yang buka 24 jam diharapkan bisa memudahkan koordinasi sehingga respon lebih cepat. Selain itu juga memudahkan pemantauan cuaca musim hujan sehingga jika terjadi bencana lebih cepat melakukan pertolongan,” ungkap Ade.
Lebih lanjut Ia menyampaikan, bencana yang sering terjadi di Demak yaitu Banjir, Kebakaran, angin puting beliung, pohon tumbang. “Setiap harinya posko PMI Demak dijaga oleh 8 personil selama 24 jam yang terbagi dalam 2 shift. Shift pertama jam 08.00 – 20.00 WIB, sementara shift kedua jam 20.00 – 08.00 WIB,” tuturnya.
Ditambahkan, terdapat tiga tim didalam posko yaitu tim dapur umum, tim pertolongan pertama atau medis, dan tim evakuasi untuk mengevakuasi warga yang di daerah bencana. “Didalam posko terdapat kelengkapan alat perlindungan diri, pelampung, jas hujan, helm, sepatu boot, rompi identitas, kit pertolongan pertama, dan alat radio komunikasi,” imbuhnya.
Dijelaskan, sarana dan prasarana yang digunakan PMI yaitu 2 motor trail, dan 1 mobil resque untuk mobilisasi, 1 ambulance. “Posko ini kami buka sampai Maret 2019 dan disiagakan setiap musim hujan, masyarakat bisa melaporkan bencana baik lewat telepon atau datang langsung ke posko ataupun memfasilitasi pemberian bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana” tukasnya.
Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada mengantisipasi setiap bencana karena pertolongan lebih cepat dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan yang terdekat. “Masyarakat bisa memahami kondisi sekitar misalnya jika berada di daerah banjir apa yang harus diamankan terlebih dahulu, harus disiapkan secara awal,” tandasnya. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart