KPP Pratama Demak Himbau Wajib Pajak Segera Lapor SPT Tahunan
>
>
KPP Pratama Demak Himbau Wajib Pajak Segera Lapor SPT Tahunan

DEMAK – Wajib pajak orang pribadi adalah orang pribadi yang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan ditentukan untuk melakukan kewajiban perpajakan, termasuk pemungutan pajak atau pemotong pajak tertentu. “Wajib pajak orang pribadi dibedakan menjadi dua, yakni karyawan dan usahawan,” jelas Syarifudin selaku Kasie Ekstensifikasi dan Penyuluhan Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Kabupaten Demak yang didampingi Yudi Fitrianto selaku petugas penyuluh KPP Pratama, dan Enggar selaku akun representatif.
Sementara, Yudi menjelaskan, baik karyawan maupun usahawan wajib membayar pajak dan melakukan pelaporan SPT Tahunan. Batas akhir pelaporan adalah tanggal 31 Maret 2019. “Dihimbau bagi para Wajib Pajak Orang Pribadi agar segera melakukan laporan SPT Tahunan,” katanya.
Sekarang ini, lanjut Yudi, untuk melakukan laporan pajak sangatlah mudah, dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. “Untuk itu dihimbau bagi para wajib pajak agar segera melakukan pelaporan pajak” imbuhnya.
Enggar selaku akun representatif menerangkan, dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 tahun 2018, bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM) terdapat penurunan tarif pajak. “Sebagai evaluasi PP no. 46 Tahun 2013 dan untuk memberikan kemudahan, kesederhanaan, serta untuk mendorong masyarakat berperan dalam kegiatan ekonomi maka ada penurunan tarif pajak bagi para pelaku UMKM, yang semula 1 % menjadi 0,5 %,” jelas Enggar.
“Jika omsetnya dibawah 4,8 milyar, wajib pajak dikenakan pajak penghasilan sebesar 0,5%. Namun, jika omsetnya di atas 4,8 milyar, wajib pajak harus membayar sesuai ketentuan. Semua tertuang dalam PP nomor 23 tahun 2018,” lanjutnya.
Diakui Enggar, bila omset sebesar 4,8 milyar pada tahun berjalan atau melewati jangka waktu maka penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh wajib pajak pada tahun pajak-tahun pajak berikutnya dikenai ketentuan umum pajak penghasilan sesuai ketentuan. Hingga saat ini baru 700 wajib pajak yang telah lapor pajak.
“Mari bagi wajib pajak untuk segera melaporkan SPT tahunananya, kami tunggu di kantor pajak dan kami selalu siap melayani, apabila mengalami kesulitan dapat menghubungai akun representatif atau lewat WA 081387000515, semua layanan tidak dipungut biaya” pungkas Enggar. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart