Feb 06

Bupati Demak Resmikan Gedung Balai Penyuluhan dan Gudang Alokon

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir meresmikan Gedung Balai Penyuluhan Kecamatan Sayung dan Gudang alat obat dan Kontrasepsi, Rabu (6/2). Natsir berharap semoga Balai Penyuluhan tersebut bermanfaat bagi masyarakat untuk mengakses berbagai informasi terkait keluarga berencana. “Keberadaan fasilitas ini saya minta dapat menambah semangat masyarakat untuk mengikuti program KB. Keberhasilan program KB diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga pra sejahtera menuju kehidupan yang lebih baik dan sejahtera,” ungkapnya.
Guna menunjang operasional program KB, lanjut Bupati, kini juga telah dibangun Gudang Alat Obat dan Kontrasepsi (Alokon) yang berlokasi di Mangunjiwan Kecamatan Demak. ”Tingkatkan pengelolaan gudang, baik penyimpanan maupun pengeluaran barang untuk menjamin ketersediaan alkon dan non alkon,” ajaknya.
Bupati minta kepada jajaran Dinpermades P2KB kecamatan Sayung untuk lebih peduli dan turut menjaga fasilitas yang tersedia, sehingga gedung dan gudang yang ada dapat digunakan semaksimal mungkin.
Plt. Kepala Dinpermades P2KB Kabupaten Demak Ahmad Nur Wahyudi, SH, MH menyampaikan, dari 14 Kecamatan yang ada di Demak, 12 Kecamatan sudah memiliki Gedung Balai Penyuluhan. Diakuinya, di Kecamatan Bonang dan Wonosalam belum tersedia Gedung Balai Penyuluhan tapi akan segera direalisasikan pengadaannya dalam waktu dekat.
Menurut Yudi, bangunan dengan volume 50 meter persegi tersebut merupakan pusat pengendali operasional lini lapangan dan sarana pendukung tugas dan fungsi Kepala UPTD KB atau Koordinator KB Kecamatan. “Adapun fungsi dari Balai Penyuluhan KB ini adalah sebagai tempat penyuluhan KB, tempat membuat perencanaan progran-program KB, evaluasi program KB, dan sebagai tempat pembinaan para petugas dan pengelola KB lapangan,” terangnya.
Pria yang akrab disapa Yudi ini juga mengungkapkan, Gudang Alat Obat dan Kontrasepsi (Alokon) yang dibangun dengan volume 80 meter persegi itu merupakan tempat untuk menyimpan alat dan obat kontrasepsi dan sarana penunjang pelayanan kontrasepsi. Fungsi gudang Alokon, lanjut Yudi, sebagai tempat penyimpanan Alokon sebelum di sistribusikan ke klinik keluarga berencana dan tempat pengelolaan administrasi Alokon.
Ia berharap, dengan adanya fasilitas tersebut, para penyuluh bisa lebih bersemangat dalam memotifasi masyarakat agar ikut program KB sehingga Target Total Fertility Rate (Humas Demak)