Feb 07

Pentingnya Peran Media Massa Sebagai Perekat Persatuan Bangsa

DEMAK – Dalam setiap derat pembangunan, media masa memegang peran yang sangat penting. Ini disebabkan, media massa berperan sebagai agen sosialisasi dan kontrol pembangunan. Berdasarkan perannya sebagai agen sosialisasi, Pemkab dapat memanfaatkan media untuk menyampaikan berbagai informasi tentang program, kebijakan serta hasil pembangunan yang telah dilaksanakan. Sebagai kontrol pembangunan media memiliki fungsi untuk menegas kepentingan masyarakat terutama sebagai informasi kegiatan pembangunan yang tidak sekedar menampilkan sisi positif namun juga karakter pembangunan lain yang dapat ditangkap media masa. Demikian disampaikan Staf Ahli bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Muliana, SH saat kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan Dengan Tema “Media Masa Jernih Perekat Kesatuan Bangsa” di Ballroom Hotel “AMANTIS” , Sabtu (2/2).
Muliana mengungkapkan, saat ini banyak sekali permunculan berita yang diragukan kebenarannya. “jika menerima berita, cari kebenarannya terlebih dahulu. Jadilah panutan masyarakat, jangan ikut menyebarkan berita hoax. Saring sebelum sharing” Ajaknya.
Kepala Agus Herawan, S.I.P, M.M menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah menumbuh kembangkan serta meningkatkan pemahaman kesadaran kebangsaan dan bernegara, membekali pengetahuan, pemahaman, wawasan kebangsaan. Serta meningkatkan kualitas masyarakat dalam menyikapi informasi yang disajikan.
Sementara, Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah, Amir Mahmud, MS. Menjelaskan, kejernihan media akan terjaga apabila tiga matra medianya terpenuhi, yaitu Akuntabilitas, Disiplin Verifikasi dan Kepercayaan Publik. “Media sosial cenderung menjadi panglima opini, apabila kita amati dari pengemasan olahan status-status atau cuitan para tokoh yang dijadikan berita oleh media-media arus utama. Padahal, seharusnya itu hanya menjadi bagian dari sebuah konstruksi berita” Tandasnya. (Humas Demak)