BBPKH Cinagara Berikan Apreasi Pertanian Demak
>
>
BBPKH Cinagara Berikan Apreasi Pertanian Demak

DEMAK – Koordinator UPSUS wilayah Demak Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor Drh. Wisnu Wasesa Putra berikan apresiasi terhadap pertanian di Demak. Pasalnya, Luas Tambah Tanam (LTT) di Demak selalu surplus yang saat ini mencapai 1.834 luas tanam. Hal itu diungkapkan saat panen padi dalam rangka Penguatan upaya khusus (UPSUS) peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai Kabupaten Demak tahun 2019 di desa Trengguli Kecamatan Wonosalam, Rabu (20/2).

Ia juga bangga atas prestasi salah satu UPJA di Demak yang berhasil peroleh juara III tingkat Nasional pada tahun 2018 lalu. “Saya berharap di Demak ini tumbuh UPJA UPJA yang lain,” kata Wisnu.

Diakhir sambutannya Ia berpesan kepada para petani agar menjadi petani milenial, yaitu, petani yang adaptif terhadap teknologi digital.

Sementara Bupati Demak HM. Natsir menyatakan, petani di Demak sekarang ini merasa lebih senang karena harga gabah sudah sesuai yang diharapkan petani. Ia juga berpesan kepada para petani agar Alsintan yang sudah diterima bisa dimanfaatkan sebaik baiknya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Ir. Wibowo menjelaskan, dengan penjualan sistem tebas, harga per bau mencapai 19 juta, sementara, kalau dipanen sendiri bisa mencapai 47 juta per hektarnya. “Saat ini masyarakat lebih suka menjual ke pasar dari pada ke Bulog karena harganya diatas rata rata harga Bulog,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Bowo ini melanjutkan, karena hasil panen sekarang ini bagus dan harga diatas standar harga Bulog, jadi para petani tidak mengalami kesulitan dalam penjualan Sehingga kesejahteraan petani meningkat.

Di Demak sendiri, kata Bowo, pada Musim Tanam I luas lahan 52.315 hektar dan pada tahun 2018, target panen lebih dari 103 ribu ton dengan produksi 685 ribu ton per panen. “Alhamdulillah target dari Pemerintah Pusat bisa tercapai,” imbuhnya. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart