Mar 11

THT Diharapkan Sejahterakan ASN Saat Pensiun

DEMAK – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Demak kini diberikan keleluasaan untuk meningkatkan dana Tabungan Hari Tua (THT) mereka saat pensiun nanti. Selama ini THT PNS yang bisa dicairkan saat pensiun maksimal hanya berjumlah Rp 70 juta. Dengan program baru dari PT Taspen ini, ASN Kabupaten Demak saat pensiun nanti bisa mendapat dana hingga ratusan juta lebih.

Seperti dijelaskan Account Officer PT Taspen Semarang Suharyo saat melakukan audiensi dengan Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto dengan didampingi Plt. Asisten Sekda Bidang Administrasi Hadi Waluyo yang sekaligus menjadi Kepala BKPP Kabupaten Demak di Ruang Transit Bupati, Senin (11/3).

Ia mengatakan Program Taspen Save tersebut menjadi semacam program top up tambahan bagi THT ASN. “Dengan taspen save ini, jumlah THT yang semula rata-rata Rp 40 hingga Rp 70 juta saat pensiun, bisa berpotensi ditingkatkan sampai dengan ratusan juta bahkan 1 miliar lebih. Dengan demikian diharapkan kesejahteraan ASN pada saat memasuki masa pensiun lebih terjamin dan meningkat,” ungkap Suharyo.

Selama ini, lanjutnya, dana THT ASN diambilkan dari pemotongan 3,5 persen setiap bulannya. “Sementara lewat program ini, ASN diberi keleluasan untuk meningkatkan dana pensiunan mereka. Karena Taspen Save ini akan dicairkan bersamaan ketika ASN memasuki pensiun. Program ini bersifat sukarela bagi ASN. Dengan premi minimal Rp 100 ribu dan maksimal 2 juta setiap bulannya.” jelasnya.

Suharyo juga menyampaikan terkait PP no. 70 tahun 2015 yang mengatur tentang Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi ASN. “Hak JKM terdiri dari santuanan kematian, uang duka wafat dan biaya penguburan. Apabila nanti ditetapkan tewas dari Badan Kepegawaian Negara maka akan dibayarkan jaminan kecelakaan kerja sekaligus dengan pembayaran uang pensiun bagi ahli waris. Jika belum mempunyai suami/istri maka akan diberikan kepada orang tuanya kurang lebih 72 persen dari gaji pokok,” katanya.

Wakil Bupati Drs. Joko Sutanto sendiri menyambut baik program dari PT Taspen tersebut. Dia meminta agar program tersebut agar segera disosialisasikan kepada ASN di Kabupaten Demak dengan harapan di masa pensiun nanti ASN di Kabupaten Demak lebih sejahtera. (Humas Demak)