Mar 13

Lomba Dokter Kecil Tingkat Kabupaten Demak

DEMAK – Keberadaan dokter kecil memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran untuk menerapkan hidup sehat dalam masyarakat. Lewat dokter kecil pula diharapkan bisa menjadi motor penggerak hidup bersih dan sehat yang pada akhirnya mewujudkan generasi penerus berkualitas. Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, dr. Singgih Setyono, M. Kes. Saat membuka secara resmi Lomba Dokter Kecil tingkat SD/MI, dan SMP/MTS Tingkat Kabupaten Demak di ruang Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Rabu (13/3).

Dalam arahannya Singgih mengatakan bahwa kegiatan lomba dokter kecil harus dilestarikan. Dengan adanya lomba akan melatih ketrampilan para dokter kecil supaya memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan. “Jika kita mempunyai anak yang sehat itu merupakan generasi emas untuk masa depan yang cemerlang. Anak itu produktif, jadi tugas kita semua untuk dapat mengarahkan dan membimbing anak agar menjadi anak yang hebat” katanya.

Singgih menghimbau kepada para peserta untuk mengikuti lomba dengan baik dan tertib. “Keluarkan segala kemampuan dan potensi yang ada dalam diri masing-masing. Jadikan ini sebagi tes. Kerjakan dengan baik hingga pada akhirnya nanti akan terjaring bibit yang berkualitas sebagi wakil dokter kecil”. Pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Guvrin Heru Putranto, SKM mengatakan, Lomba yang diikuti oleh puluhan siswa-siswi dari perwakilan 14 kecamatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Demak ke-516.

“Lomba dokter kecil terbagi atas beberapa sesi, yakni tes tertulis, ter kesehatan, dan praktik. Jumlah skor dari masing-masing sesi akan diakumulasi sehingga didapatkan juara dengan nilai tertinggi,” terangnya.

Guvrin juga menyampaikan bahwa keberadaan dokter kecil diharapkan bisa menjadi duta kesehatan dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat baik bagi dirinya sendiri, rekan sebaya, keluarga, maupun masyarakat. (Humas Demak)