Menuju Demak ODF 2019
>
>
Menuju Demak ODF 2019

DEMAK – Dinas kesehatan Kabupaten Demak menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) menuju Demak ODF 2019 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Selasa (26/3).

Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Agus Priyanto, SKM, M.Kes (Epid) mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mendukung Dinas kesehatan Kabupaten Demak dalam mengadakan pertemuan fasilitasi untuk bersinergi dalam pelaksanaan program kesehatan di bidang sanitasi dan hygiene dalam bentuk dukungan kongrit dan komitmen untuk mempercepat pencapaian ODF (Stop Buang Air Besar Sembarangan) dan pencapaian desa STBM.

Ia menjelaskan, STBM ini merupakan pendekatan paradigma baru tentang cara membangun kesadaran masyarakat untuk mengubah perilaku terutama Buang Air Besar Sembarangan (BABS), menjadi buang Air besar di jamban yang sehat dan layak. Karena dari 249 desa dan kelurahan yang ada di Demak baru 80 desa/kelurahan yang sudah ODF.

Selain itu, tambah Agus, yang menjadi perhatian kita adalah lima pilar STBM. Yaitu, stop BABS, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, pengelolaan limbah cair rumah tangga. “Perlu diketahui untuk kegiatan Stop BABS adalah yang paling difokuskan diantara 5 pilar STBM,” tandasnya.

Diharapkan, lanjut Agus, Demak di akhir 2019 ini sudah tidak ada keluarga yang tidak punya akses sanitasi. “Makanya hari ini kita kumpulkan dari lintas sektor dari camat, Kepala Puskesmas dan lainnya untuk bersama sama mencapai tujuan itu. Kalau masih banyak warga yang BABS akan berdampak jelek pada lingkungan, akan muncul berbagai penyakit yang bisa merugikan masyarakat sendiri,” katanya.

Sebagai bentuk tindak lanjut, pihaknya mengadakan pembentukan Pokja STBM di tingkat Kecamatan dan Desa. Sehingga semua warga berkomitmen bagaimana di desa masing-masing itu bebas dari buang air besar sembarangan.

Sementara, Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten demak Dra. Endah Cahyarini, MM mengatakan, pihaknya siap mendukung program STBM dengan membuat iklan layanan masyarakat dalam bentuk release berita di web resmi Pemkab Demak dan dialog interaktif di Radio Suara Kota Wali (RSKW) Demak. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart