Warga Padati Kirab Budaya Hari Jadi Demak
>
>
Warga Padati Kirab Budaya Hari Jadi Demak

DEMAK – Kirab budaya yang digelar untuk memperingati Hari Jadi ke-516 Kabupaten Demak, Sabtu (30/3) siang mendapat sambutan positif. Ribuan warga Demak dari berbagai usia memadati ruas jalan protokol yang menjadi rute kirab budaya. Mereka memadati sepanjang ruas Jalan Sultan Fatah, mulai dari depan Dinas Pariwisata hingga depan Pasar Bintoro.

Para peserta kirab, mulai dari OPD, BUMD, lembaga pendidikan, ormas hingga kelompok seni ikut ambil bagian dalam kirab yang diselenggarakan rutin ini. Mereka menunjukkan atraksinya di depan Wakil Bupati Demak, Forkopimda, Sekda Demak, Kepala OPD dan warga yang memadati panggung kehormatan yang terletak di perempatan pasar bintoro. Mereka menampilkan berbagai kesenian daerah mulai dari kesenian barongan, tari zipin, dan tarian daerah lainnya.

Wakil Bupati Demak, Drs. Joko Sutanto menuturkan bahwa kirab budaya merupakan salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Demak. “Kita punya potensi yang luar biasa. Ada seni barong, tari zipin, dan kesenian lainnya. Sudah kewajiban kita memperkenalkan kepada anak cucu. Kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi? “, tuturnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Rudi Santosa, SH. Menurutnya selain memberikan hiburan untuk rakyat, penyelenggaraan kirab merupakan salah satu upaya mempromosikan Demak. “Melalui event seperti ini, kita bisa mempromosikan Kabupaten Demak. Mengingat kirab budaya mampu menyedot perhatian pengunjung dari lokal dan luar daerah. Harapannya, mereka bisa menceritakan hal positif tentang Demak.”

Sementara itu, Fani, salah seorang pengunjung menuturkan bahwa sebagai warga Demak, dia cukup terhibur dengan penyelenggaraan kirab budaya. “Harapan saya, kegiatan seperti ini bisa secara rutin diselenggarakan. Sehingga bisa mengenalkan sejarah dan budaya Demak kepada anak dengan cara yang menyenangkan”. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart