Apr 04

50 Orang Ikuti Program Pemagangan Dalam Negeri

DEMAK – Staf Ahli Bupati Demak Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Mulyana, SH memberikan pengarahan kepada 50 orang yang mengikuti program pemagangan kerja dalam negeri tahun 2019 di 5 perusahaan di wilayah Kabupaten Demak, Kamis (4/4).

Mulyana mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah karena telah memberi kesempatan kepada Pemkab Demak untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. “Program pemagangan merupakan salah satu upaya nyata untuk mengurangi tingkat pengangguran. Hal ini selaras dengan fokus Pemkab Demak dalam menekan angka kemiskinan, mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat diselenggarakan secara rutin, sehingga nantinya akan tercipta angkatan kerja yang kompetitif dan produktif.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Demak Drs. Bambang Saptoro Subandriyo menjelaskan, tujuan pemagangan adalah pelatihan kerja dalam membentuk mental kerja dan pembekalan kompetensi sesuai dengan pasar kerja kepada angkatan kerja. “pelatihan kerja akan lebih banyak dilakukan pada praktek kerja langsung di industri sehingga secara langsung peserta dapat berbaur dengan iklim dan suasana kerja serta dapat langsung mendapatkan teknik kompetensi di perusahaan,” terangnya.

Program pemagangan tersebut, lanjut Bambang, dilaksanakan karena adanya gap antara kebutuhan kompetensi kerja di bangku pendidikan/pelatihan dengan kompetensi kerja yang dibutuhkan oleh industri dan juga pembentukan mental kerja. “Pemagangan diikuti peserta yang merupakan angkatan kerja yang masih menganggur, lulusan SD-SMP-SMK dan berusia 18-35 tahun. Adapun pelaksanaannya berlangsung selama 5 bulan dimulai pada tanggal 4 April 2019 sampai dengan tanggal 4 Agustus 2019 dimana 1 bulan akan dilaksanakan pembekalan teori dasar di lembaga pelatihan kerja dan 4 bulan praktek kerja di perusahaan pelaksana pemagangan sesuai jurusan kompetensinya,” jelasnya.

Lebih lanjut Bambang menyampaikan bahwa 10 orang mengikuti kompetensi mekanik mesin produksi di PT. Delta Dunia Sandang Tekstil, 10 orang mengikuti kompetensi Operator mesin produksi batu bata di PT. Nusantara Building Industries, 10 orang mengikuti kompetensi Quality kontrol Garmen di Pt Glory Industrial Semarang Demak, 10 orang ikuti kompetensi operator mesin produksi kayu lapis dan 10 orang ikuti kompetensi operator garment level 2 di PT. Melady garment International. (Humas Demak)

Bagikan