Apr 10

Lomba Desa Tingkat Kabupaten Demak Tahun 2019

DEMAK – Kelurahan Kadilangu merupakan pintu gerbangnya Demak. Karena letaknya yang sangat strategis, sudah sepantasnya Kelurahan tersebut maju dalam lomba Desa. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto saat menghadiri kegiatan evaluasi lomba Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Demak tahun 2019 di Balai Kelurahan Bintoro, Senin (8/4).
Kepala Dipermades P2KB Drs. Daryanto, MM menjelaskan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan Kelurahan, evaluasi tersebut bertujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan desa dan kelurahan dalam kurun waktu januari sampai dengan desember.
Pelaksanaan evaluasi perkembangan desa/kelurahan dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten sampai dengan tingkat Provinsi. “Dari 14 Desa/Kelurahan yang maju di tingkat Kabupaten Demak, ada 7 desa dan 2 kelurahan yang terpilih sehingga akan dilakukan kunjungan ke sembilan desa/kelurahan tersebut oleh tim Kabupaten,” katanya.
Diantara sembilan desa/kelurahan tersebut, lanjut Daryanto, antara lain, desa Karangsari Kecamatan Karangtegah, Tegalarum Kecamatan Mranggen, Lempuyang Wonosalam, Solowire Kebonagung, Mlaten Mijen, Jungsemi Wedung, Dempet, Kelurahan Bintoro dan Kadilangu.
Sedangkan untuk penilaiannya, terang Daryanto, meliputi evaluasi bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan. Kemudian, desa/kelurahan yang berhasil meraih peringkat satu akan mendapatkan uang pembinaan sebesar 30 juta dan dan peringkat dua memperoleh 25 juta. (Humas Demak)