Apr 11

Buka Rakor Komda Lansia, Wabup Demak Fokus Pada Peningkatan Produktivitas Lansia

DEMAK – Lansia bukan berarti selalu menjadi beban bagi keluarga maupun pemerintah. Lansia merupakan masyarakat senior yang telah memiliki pengalaman, kearifan, dan kebijakan yang bisa kita jadikan teladan hidup. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Komda lansia Kabupaten Demak di Hall Gedung Wakil Bupati, Kamis (11/4).
Menjadi harapan kita, lanjut Wabup, lansia dapat diberdayakan dan lebih berperan aktif dalam pembangunan dengan memperlihatkan fungsi kreatif, pengetahuan, keahlian, ketrampilan, pengalaman, usia, dan kondisi fisik. ”Saya minta kepada seluruh pengurus Komda Lansia untuk lebih giat dan proaktif dalam menjalankan tugas. Beri pemahaman kepada para senior kita meski telah berusia lanjut, harus selalu percaya diri, bersikap optimis, tetap mau dan mampu berkarya. Bagi OPD terkait, saya minta agar lebih mendukung dan meningkatkan program kegiatannya terkait lansia sesuai tupoksinya,” katanya.
Ia berharap kegiatan tersebut menjadi sarana penguatan peran dan kelembagaan. Serta untuk meningkatkan pengetahuan, peran organisasi, dan sarana bertukar informasi tentang perkembangan Komisi Daerah Lanjut Usia di Kabupaten Demak.
Sementara, Ketua Penyelenggara Anang Badrul Kamal, S.Sos, M.Si menjelaskan, tujuan dari Rakor tersebut untuk mereview kembali program-program satu tahun kemaren dan satu tahun yang akan datang. “Melalui kegiatan ini kami berharap kegiatan di masing-masing organisasi yang terhimpun seperti PWRI, PEPABRI dan lainnya bisa semakin lebih baik,” katanya.
Melalui Rakor tersebut pihaknya juga berharap akan memprogramkan kegiatan-kegiatan di masa yang akan datang agar lebih baik lagi. “Kita ingin lansia senantiasa sehat, bugar, punya aktivitas yang membangun dan menjadi orang yang bermanfaat tidak menjadi beban karena lansia merupakan warga senior yang pernah berjasa pada pembangunan suatu daerah,” ungkapnya.
Anang juga menjelaskan bahwa yang hadir pada Rakor tersebut tidak hanya pengurus Komda Lansia tingkat Kabupaten saja tetapi pengurus komisariat tingkat kecamatan juga. “Tidak hanya di Tingkat Kabupaten saja, kami berharap di tingkat Kecamatan dan desa juga ada kegiatan-kegiatan yang pro lansia seperti pemeriksaan kesehatan rutin. Dan Alhamdulillah saat ini sudah dilaksanakan pos pembinaan terpadu bagi para lansia di desa-desa,” pungkasnya. (Humas Demak)