Apr 15

10 Desa di Demak Lunas PBB-P2 Lebih Cepat

DEMAK – Dari 249 desa/kelurahan yang ada di Demak, 10 diantaranya lunas PBB-P2 lebih cepat yaitu per 10 April 2019. Adapun desa yang dimaksud antara lain, Desa Jragung, Wonosekar Kecamatan Karangawen, Desa Gebangarum Bonang, Desa Sidomulyo, Kuwu Kecamatan Dempet, Desa Solowire Kebonagung, Desa Jatirejo Kecamatan Kranganyar, Desa Mandung, Kedungmutih Kecamatan Wedung, dan Desa Sidokumul Guntur. Hal itu disampaikan Kepala BPKPAD Kabupaten Demak Suhasbukit yang didampingi, Kabid Pendapatan BPKPAD Kabupaten Demak Agustin Eka Safitri saat ditemui disela kesibukannya pada Senin (15/4).
“Kami telah menyiapkan hadiah bagi Desa/Kelurahan yang lunas sampai dengan 30 September 2019 berupa uang : lunas Januari-Maret mendapatkan 3 juta, April-Mei menerima 2 juta, Juni-Juli 1,5 juta dan Agustus-September 1 juta. Dan juga ada hadiah berdasarkan jumlah pokok ketetapan yang diperhitungkan sampai dengan 30 November 2019. Sedangkan jatuh tempo pembayaran maksimal 30 September 2019,” jelas Suhasbukit.
Ia juga mengatakan, pihaknya selalu mendengungkan motto “Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) Anda untuk membangun Demak” demi kemajuan Kabupaten Demak yang lebih maju dan sejahtera.
Sementara, Joko Wiyono, Camat Dempet menuturkan, di wilayahnya Ia mengadakan gerakan pungutan sehari lunas. Program tersebut dilaksanakan usai panen MT 1, dengan mengadakan makan bersama-sama warga masyarakat yang digelar di Balai Desa Sidomulyo. Sedangkan untuk Desa Kuwu Pemerintah Desanya memberikan stimulus kepada masyarakatnya berupa 5 sepeda gunung, almari es, magic jar dan 100 doorprise lainnya.
Hal senada juga dilakukan oleh Camat Wedung, Mulyanto. Seperti di Desa Mandung dan Kedungmutih, terang dia, kedua Desa tersebut bisa melunasi PBB-P2 lebih cepat karena pihak Pemerintah Desanya mempunyai komitmen kuat untuk melunasi PBB-P2. “Tingkat kesadaran masyarakat tentang kewajiban bayar pajak sangat tinggi. Kepala desa beserta perangkatnya juga gencar dalam memungut PBB-P2,” ungkapnya. (Humas Demak)