Peringati HARDIKNAS Wabup Demak Serahkan Berbagai Penghargaan
>
>
Peringati HARDIKNAS Wabup Demak Serahkan Berbagai Penghargaan

DEMAK – Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto serahkan berbagai penghargaan kepada juara lomba dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) tahun 2019 di Alun-alun simpang enam Demak, Kamis (2/5). Tampak mendampingi, Forkopinda, Sekda Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Anjar Gunadi, M.Pd.
Sebelumnya, Wabup selaku inspektur upacara Bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) tahun 2019 tingkat Kabupaten Demak membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhajjir Effendy.
Dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.”, mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.
Disampaikan juga bahwa dalam perspektif Kemendikbud, pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur.
Hadirnya Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Saat ini peserta didik kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi.
“Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif,” pungkasnya.
Di tempat yang berbeda, Anjar menyampaikan bahwa ada berbagai macam lomba yang diselenggarakan dalam rangka Hardiknas ini. Yang pertama adalah seleksi pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) berprestasi tingkat Kabupaten Demak. Yang ke dua yaitu Olimpiade Olahraga siswa Nasional (O2SN) jenjang SD tingkat Kabupaten Demak pada kegiatan pembinaan minat bakat dan kreatifitas siwa tahun 2019. Selanjutnya, seleksi PASKIBRA tingkat Kabupaten Demak tahun 2019 dan yang terakhir launching buku oleh guru penulis di Kabupaten Demak. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart