May 08

Cascading, Menuju Demak yang Lebih Baik

DEMAK – Harus ada perubahan. Itulah pesan Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Implementasi Cascading dalam Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah yang berlangsung di Grhadika Bina Praja Kabupaten Demak, Selasa (7/8).
Dengan cascading Singgih berharap ada perubahan ke arah yang lebih baik terkait perencanaan pembangunan di Kabupaten Demak. Menurutnya cascading merupakan proses penjabaran dan penyelarasan Sasaran Strategis (SS), Indikator Kinerja Utama (IKU), dan/atau target IKU secara vertikal dari level unit pegawai yang lebih tinggi ke level unit pegawai yang lebih rendah. “Implementasi strategi akan lebih efektif apabila seluruh unit pegawai melakukan penyelarasan SS, IKU dan target dengan strategi organisasi baik secara vertikal maupun horisontal,” katanya.
Marlupi Julianingrum, Bappeda Provinsi Jawa Tengah yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan, segala permasalahan yang ada pada sebuah perencanaan diharapkan bisa diatasi dengan penggunaan metode Cascading. “Tentu saja untuk mencapai sasaran yang sesuai harapan, harus didukung dengan kinerja yang efektif dan efisien mulai dari level pegawai yang lebih tinggi sampai ke level pegawai yang lebih rendah,” ungkapnya.
Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Demak Drs.Taufiq Rifa’i mengatakan, kata kunci dari keberhasilan pada pengimplementasian cascading di Kabupaten Demak, diantaranya, komunikasi tang lancar antar stakeholder, jaga komitmen, kedisiplinan, aspirasi, verifikasi lapangan dan tegas. (Humas Demak)