May 14

Pemanfaatan Data kependudukan Untuk Pelayanan Publik yang Semakin Tertata, Efektif dan Efisien

DEMAK – Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto berharap kedepan semakin banyak OPD/lembaga pengguna yang melaksanakan kerjasama pemanfaatan data kependudukan sehingga tercipta pelayanan publik yang semakin tertata, efisien, dan efektif. Hal itu terugkap saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pemanfaatan Data dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama yang berlangsung di Ruang Pertemuan Wakil Bupati Demak, Selasa (14/5).
“Harus ada tindak lanjut dari kegiatan semacam ini,” kata Wabup. Menurutnya, untuk menindak lanjuti hal itu, harus dilengkapi dengan infrastruktur, peralatan IT dan pelayanan oleh Sumber Daya Manusia harus ditata.
Hal yang sama diungkapkan oleh Kasi Pengelolaan Informasi, Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Dinpermadesdukcapil nur Kolis. Ia menyarankan agar OPD/Lembaga bisa memanfaatkan data Kependudukan untuk pelayanan publik yang efektif dan efisien.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Demak, Drs. M. Afhan Nur, M.Pd. menyampaikan, tujuan dari penyelenggaraan Rakor tersebut adalah untuk membangun kerjasama antara Dindukcapil dengan lembaga pengguna/OPD dalam rangka pemanfaatan data kependudukan by name by addres.
Senada dengan Wabup, Afhan menekankan, Pemanfaatan data tersebut menyasar pada semua OPD/lembaga di Kabupaten Demak yang diharapkan bisa memberikan manfaat bagi pelayanan kepada masyarakat. “Adapun OPD yang tandatangan Perjanjian Kerjasama kali ini ada 18 terdiri dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Demak berjumlah 14 dan 4 OPD, diantaranya, RSUD SUKA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak serta Dinas Pemuda dan Olah Raga kabupaten Demak,” jelasnya.
Sebelumnya, Afhan menerangkan, ada 10 OPD/lembaga lainnya yang sudah Perjanjian Kerjasama tersebut. Diantaranya, GOPTKI Kabupaten Demak, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan KB, Dinas komunikasi dan Informasi, DinsosP2PA, Dindikpora, RSUD SUKA, Dinas Kesehatan, PDAM, Kemenag dan polres. “Sebagian OPD/Lembaga pengguna tersebut ada beberapa yang Perjanjian Kerja Samanya masa berlakunya sudah habis dan perlu pembaharuan,” imbuhnya.
Ia berharap, tahun 2019 ini, semua OPD/Lembaga Melakukan Perjanjian Kerja Sama dengan Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kabupaten Demak. (Humas Demak)