Kunker DPRD Batang Ke Demak
>
>
Kunker DPRD Batang Ke Demak

DEMAK – Staf Ahli Bupati bidang Hukum, Politik dan pemerintahan Muliana, SH didampingi Staf Ahli bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Drs. Dwi Heru Asyanto dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Drs. M. Afhan Noor, M.Pd. menyambut baik kunjungan kerja Komisi A DPRD Kabupaten Batang di ruang pertemuan Staf Ahli, Senin (20/5).
Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Batang H. Nur Untung Slamet, SE selaku ketua rombongan mengungkapkan rasa terimakasihnya atas sambutan yang diberikan oleh Pemkab Demak. Ia beserta rombongannya yang berjumlah 13 orang datang ke Demak bermaksud untuk menambah wawasan tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Drs. M. Afhan Noor, M.Pd. menjelaskan, baru baru ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Demak memberikan layanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA). Dimana KIA merupakan kartu identitas bagi anak usia dibawah 17 tahun.
Afhan juga mengatakan, terobosan lain yang dilakukan oleh Dindukcapil Kabupaten Demak adalah go digital atau dokumen kependudukan yang ditandatangani secara elektronik. Dimana dalam go digital, data kependudukan dapat diakses dengan mudah. “Ini sangat penting, mengingat pemanfaatan data kependudukan sangat erat kaitannya dengan pelayanan publik. Dengan data yang akurat dan berkualitas, maka pelayanan akan lebih maksimal, perencanaan pembangunan juga lebih baik. Karena kita akan mengetahui dengan benar kondisi kependudukan yang ada di suatu wilayah,” terangnya.
Menurut Afhan, Pelayanan administrasi kependudukan, baik itu pembuatan KTP, KK maupun akte di kabupaten Demak saat ini dapat dilakukan secara on line. Masyarakat dapat mengunjungi website resmi Dindukcapil dan mengisi formulir secara on line. Selanjutnya, jika sudah disetujui, pemohon bisa langsung datang ke Kantor Dindukcapil untuk mengambil KTP, KK maupun akte dengan membawa fotocpy persyaratan.
Yang menarik, lanjutnya, jika ada perubahan data kependudukan, masyarakat cukup mengubah salah satu administrasi kependudukan. Misal, ada masyarakat yang akan menikah, dengan mengurus surat nikah, pemohon langsung secara otomatis mendapatkan KTP dan KK baru. “Hal itu kami lakukan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” pungkasnya. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart