May 29

Perpustakaan Cempaka Desa Kerangkulon Masuk Delapan Besar Perpustakaan Desa Terbaik Se Jawa Tengah

DEMAK – Perpustakaan Cempaka Desa Kerangkulon Kecamatan Wonosalam masuk dalam delapan besar perpustakaan desa terbaik se Jawa tengah. Hal tersebut terungkap saat kunjungan tim juri Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Propinsi Jawa Tengah di Perpustakaan Cempaka, Kamis (23/5). Rombongan juri disambut langsung oleh Bupati Demak, HM Natsir didampingi oleh Kepala Dinperpusar kabupaten Demak, Camat Wonosalam dan Kepala Desa Kerangkulon.
Ketua tim juri, Dra. Titik Rahayu mengungkapkan bahwa dari 21 Perpustakaan Desa yang mengikuti lomba, Perpustaakan Cempaka masuk dalam 8 besar terbaik. “Selanjutnya akan diperketat menjadi 6 terbaik. Semoga Perpustakaan Cempaka bisa masuk dan mengikuti jejak perpustakaan MA Al Irsyad Gajah yang pernah menjadi perpustakaan terbaik tingkat nasional”, tuturnya.
Menurut Titik, peluang besar dimiliki oleh Perpustakaan Cempaka. “Perpustakaan Cempaka memiliki peluang cukup besar untuk menang. Mengingat perpustakaan ini telah terbukti tidak hanya mampu mencerdaskan masyarakat, namun juga mensejahterakaan masyarakat”.
Hal senada juga diungkapkan Bupati Demak, HM Natsir. Dalam sambutannya, Natsir mengungkapkan bahwa perpustakaan Cempaka, mampu meningkatkan perekonomian warga. “Melalui usaha pengasapan telur asin, para warga Desa Kerangkulon mampu memperbaiki ekonominya”.
Menariknya, pengetahuan tentang proses pengasapan telur asin yang didapat warga, diperoleh dari membaca buku di perpustakaan desa. maka dari itulah, Bupati berharap Perpustakaan Cempaka bisa lolos menjadi perpustkaan terbaik di jawa tengah.
Tak hanya itu saja, menurut Bupati, mulai tahun ini, juga dibentuk agrowisata perpustakaan cempaka. Dimana pengetahuan dari buku diaplikasikan ke bidang pertanian dan peternakan. “Setelah memiliki pengetahuan dari buku, masyarakat langsung mengaplikasikan dengan berkebun dan memelihara kambing jawa dan ikan nila. Meski belum panen, namun harapannya hasil panen bisa mensejahterakan masyarakat. Ini bukti bahwa perpustakaan tidak hanya mampu mencerdaskan bangsa, namun juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, pungkasnya.  (Humas Demak)

Bagikan