Jun 13

Semarak Tradisi Syawalan di Demak

DEMAK – Tradisi syawalan di hari ke tujuh lebaran atau bodho kupat sudah menjadi agenda rutin tahunan. Masyarakat yang memanfaatkan hari libur lebaran banyak yang mengunjungi tempat wisata bersama kaluarga. Untuk lebaran tahun ini tradisi syawalan pada Rabu (13/6) seluruh tempat rekreasi yang ada di wilayah Demak diserbu ribuan pengunjung.

Taman ria yang berada di tengah kota tepatnya dibelakang Stadion Pancasila siang ini tampak berjubel. Area parkir yang disediakan pengelola tidak mampu menampung kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Sehingga meluber kepinggir jalan Sultan Hadiwijaya yang berdampak tersendatnya arus lalu lintas. Dari pantauan dilapangan area bermain keluarga ini dibuka mulai pukul 07.00 wib dan pada pukul 13.00 wib sudah tercatat sebanyak 2.250 pengunjung berdasar kan tiket masuk.

Salah satu karyawan Taman ria Dwi mengatakan bahwa kebanyakan pengunjung adalah keluarga yang membawa anak anak sebab konsep yang ditawarkan ditaman ini membidik segmen anak dan kluarga. Adapun wahana yang disediakan pengelola taman ria berupa bom bom car, mobil dan motor elektrik,kereta odong odong dan yang jadi favorit yakni kolam renang untuk segala usia. Suasana semakin meriah dengan ditampilkanya orkes dangdut dengan artis lokal.

Destinasi wisata lainya tidak kalah ramainya seperti pantai morosari di sayung dan pantai istana tambak bulusan di kecamatan karangtengah. Tempat wisata pantai yang tergolong baru ini tidak hanya memamerkan keindahan pantai berpasir namun juga memberikan nuansa petualang. Pengunjung dapat menaiki perahu dari dermaga kecil menyusuri hutan mangrov ataupun berjalan kaki melewati tambak membelah hutan mangrove. (rdy)