RSUD Sunan Kalijaga Demak Adakan Operasi Katarak Gratis
>
>
RSUD Sunan Kalijaga Demak Adakan Operasi Katarak Gratis

DEMAK – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sunan Kalijaga akan mengadakan bakti sosial operasi katarak gratis pada tanggal 22 juli 2019 untuk warga Kabupaten Demak. Hal itu terungkap saat Bupati Demak HM. Natsir meresmikan gedung Eye Center yang merupakan salah satu fasilitas untuk melayani kesehatan mata.
Peresmian yang berlangsung di lobby Gedung baru Eye Center RSUD Sunan Kalijaga Sabtu (22/7) itu dihadiri oleh Wakil Bupati Demak Drs. H. Joko Sutanto, jajaran Forkopimda, Sekda Demak dr. Singgih Setyono,M. Kes, Dewan Pengawas RSUD, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak, seluruh Karyawan-karyawati dan warga masyarakat Kabupaten Demak.
Natsir mengatakan, Eye Center itu merupakan terobosan kreatif dan bervisi masa depan. Ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terutama kesehatan mata. “Belum banyak rumah sakit yang memiliki fasilitas seperti di RSUD Sunan Kalijaga ini,”katanya.
Bupati Demak mengharapkan agar di usianya ke 70, RSUD Sunan Kalijaga Demak dapat lebih meningkatkan eksistensinya dalam hal pelayanan kesehatan untuk masyarakat di Kabupaten Demak. Selain itu, HM. Natsir juga menyampaikan kunjungan pasien mata yang selalu meningkat. “Saya minta unit pelayanan terpadu gedung Eye Center dapat dikelola dengan maksimal. Semoga Eye Center menjadi kebanggan dan pemacu semangat untuk terus berkarya bagi pembangunan kesehatan di Kabupaten Demak. Untuk itu agar petugas memberikan penyuluhan mengenai pentingnya kesehatan mata kepada masyarakat Demak”, tambah Natsir.
Sementara itu, dr. Deby Armawati, SPM mengatakan, didirikannya Eye Center ini didasari sebagai sarana pelayanan kesehatan mata terbaru bagi masyarakat Demak dan sekitarnya. “Diharapkan dengan hadirnya Demak Eye Center, masyarakat Demak dan sekitarnya tidak perlu lagi menempuh jarak jauh karena harus berobat ke Semarang,” ungkapnya.
Direktur RSUD Sunan Kalijaga dr. Deby Armawati menjelaskan, tingginya animo masyarakat Demak untuk mendapatkan pelayanan mata yang setiap tahun bertambah. Oleh sebab itu RSUD Suka berupaya memberikan pelayanan mata yang berkualitas dengan melakukan inovasi untuk membangun sebuah Unit terpadu dalam pelayanan kesehatan mata yang diberi nama Gedung Eye Center.
“Perlu saya sampaikan jumlah pasien mata rawat jalan pada tahun 2017 sebanyak 13.506 orang, 2018 sebanyak 17.183 orang, sedangkan tahun 2019 per bulan Mei sebanyak 9.421 orang. Adapun jumlah pasien dengan operasi katarak tahun 2017 sebanyak 373 mata, 2018 sebanyak 469 mata, tahun 2019 per mei sebanyak 232 mata. Untuk fasilitas Gedung Eye Center yaitu Lantai 1 untuk pelayanan rawat jalan, lantai 2 untuk one day care / perawatan 1 hari dan lantai 3 untuk kamar operasi,” terang Debby.
Diakui Debby, gedung tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan lengkap. diantaranya, Slit lamp dengan monitor, Refraktometer, USG mata, dan Mesin Pacho untuk operasi mata dengan insisi kecil. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart