Seminar Kepariwisataan Kabupaten Demak Tahun 2019
>
>
Seminar Kepariwisataan Kabupaten Demak Tahun 2019

DEMAK – Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto didampingi Sekda Demak dr. Singgih Setyono, M. Kes secara resmi membuka seminar kepariwisataan Kabupaten Demak tahun 2019 dengan mengusung tema “Ziarah Meninggalkan Berkah Bukan Meninggalkan Sampah” di Gedung Binapraja, Rabu (27/6).
Joko mengatakan, selain objek wisata religi Masjid Agung Demak dan Makam Para Sultan, serta Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Kabupaten Demak juga mengembangkan destinasi wisata alam seperti Ekowisata Pantai, yang ada di Morosari Sayung dan Istambul Karangtengah, serta Rumah Edukasi Mangrove di Wedung dan Bonang.
Menurutnya, Warga Demak patut bangga memiliki potensi wisata yang telah terkenal di nusantara bahkan internasional. Rasa bangga tersebut dapat diwujudkan dengan terus berupaya melestarikan dan mengembangkan potensi wisata yang ada agar menjadi semakin menarik kunjungan wisatawan. “Tak cukup sampai di situ, kita juga harus mampu membuat wisatawan betah tinggal di Demak,” ungkapnya.
Untuk melestarikan potensi wisata di Kabupaten Demak, Wabup mengajak untuk melakukan perawatan secara intensif serta melakukan penataan agar aset yang dimiliki semakin terlihat menarik. “Upaya yang dapat dilakukan yakni menyediakan sarana prasarana penunjang wisata yang memadai,” imbuhnya.
Guna menarik para wisatawan dan betah tinggal di Demak, menurut Joko, kenyamanan merupakan hal mutlak yang harus terpenuhi. Segala fasilitas yang berkaitan dengan industri pariwisata harus dibuat senyaman mungkin, terutama dalam hal kebersihan. “Kita harus menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan. Termasuk di dalamnya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Satu sampah, sejuta masalah,” tegasnya.
Senada dengan Wakil Bupati Demak, Direktur PT. Wisata Borobudur Indah Kirno Prasojo menyampaikan bahwa keamanan merupakan hal terpenting untuk memikat wisatawan. “Setelah aman baru perlengkapan pendukung lainnya seperti transportasi, penginapan, cenderamata, atraksi, makanan dan lainnya,” tambahnya.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas terkait, BUMD serta para pelaku usaha bidang kepariwisataan Kabupaten Demak. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart