Jul 10

Pemkab Demak Adakan Rakor Pemerintah Desa dengan Kades dan Camat se-Kabupaten Demak

DEMAK – Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Ahmad Nur Wahyudi, SH,MH mewakili Bupati Demak HM. Natsir membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan Desa Tahun 2019 dan sosialisasi Peraturan Bupati Demak nomor 36 tahun 2019 di Pendopo Satya Bhakti Praja, Selasa (9/7).
Dalam sambutan Bupati Demak yang dibacakan oleh Asisten I Sekda Demak menyampaikan, saat ini anggaran yang dialokasikan ke desa semakin besar. Berbagai kucuran dana bisa digunakan untuk membangun desa. Mulai dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Bantuan Keuangan Provinsi, dll. Namun, bagai dua sisi mata uang. Di satu sisi anggaran tersebut bisa membuat desa lebih maju dan sejahtera. Akan tetapi, di sisi lain, tanggung jawab desa juga semakin besar. Untuk itu akuntabilitas dan transparansi keuangan sangat diperlukan dalam pengelolaan anggaran desa.
Selanjutnya, Bupati minta kepada seluruh hadirin sekalian, utamanya segenap Kepala Desa agar pemanfaatan anggaran desa tidak hanya untuk pembangunan fisik, namun juga non fisik. Terutama untuk pemberdayaan masyarakat, dimana output-nya untuk menekan angka kemiskinan, mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti jambanisasi, berbagai pelatihan ketrampilan serta kegiatan lain yang tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat desa.
Bupati juga minta kepada peserta untuk mengikuti rakor dengan maksimal sehingga nantinya dapat segera merealisasikan Perbup Nomor 36 tahun 2019 tentang Daftar Kewenangan Desa berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa. Hal itu harus dipahami bersama, mengingat Perbup nomor 36 tahun 2019 tersebut mengatur bagaimana desa bisa mengelola desanya sendiri. Sehingga nantinya akan banyak desa di Kabupaten Demak yang lebih sejahtera.
Sementara Kepala Bagian Hukum Setda Demak Yulianto, SH selaku penyelenggara menjelaskan bahwa tujuan diadakan Rakor tersebut adalah mensosialisasikan Perbup Nomor 36 tahun 2019 tentang Daftar Kewenangan Desa berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa, mensosialisasikan pengawasan keuangan desa, serta mensosialisasikan percepatan pelaksanaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.
Kegiatan dengan jumlah peserta 249 Kepala Desa dan Lurah serta 14 Camat se Kabupaten Demak itu dihadiri oleh Inspektur Kabupaten Demak Kurniawan efendi, ST, Kepala Dinpermades P2KB Drs. Daryanto, MM, dan Manajer PT. PLN Ulp. Demak. (Humas Demak)

Bagikan