Peningkatan AKI di Kabupaten Demak
>
>
Peningkatan AKI di Kabupaten Demak

DEMAK – Produksi perikanan budidaya di Kabupaten Demak pada tahun 2018 tercatat sebesar 48.818 ton dan produksi hasil olahan ikan sebesar 14.100 ton. Namun demikian, Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Kabupaten Demak baru sebesar 36,09 Kg/Kapita per tahun. Hal itu masih jauh dari AKI Nasional tahun 2018 yaitu 50,69 kg/kapita/tahun.
Oleh karena itu, untuk meningkatkan AKI diperlukan intervensi program dan kegiatan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak yaitu Program Optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan dengan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Dempet, Selasa (23/7).
Hal itu diungkapkan oleh Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Suhasbukit, SH., MM. melalui Kasi Pengendalian Mutu dan Keamanan Produk Perikanan Kabupaten Demak Budiono, S.Pi. usai kegiatan berlangsung.
Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengajak masyarakat agar gemar makan ikan terutama anak-anak agar tumbuh sehat, kuat dan cerdas. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya stunting serta meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI).
Adapun pesertanya, lanjut dia, antara lain Ibu-Ibu TP PKK Kabupaten Demak, TP PKK Kecamatan Dempet, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak, penyuluh Perikanan dengan jumlah 100 orang, anak-anak sekolah dari SDN Dempet, Kuwu dan Kedungori dengan jumlah 250 anak.
Kegiatan yang dimeriahkan dengan demo masak berbahan baku ikan tersebut dihadiri oleh Plt. Kabid Usaha dan Pengembangan Komoditas Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng Ir. Arif Rachman Hakim, M.Si. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart