Aug 08

Guntur Deklarasikan ODF Stop BABS

DEMAK – Pemerintah Kabupaten Demak berkomitmen tahun ini menjadikan Kabupaten Demak bebas “Buang Air Besar Sembarangan”. Hal itu dilakukan sebagai langkah mendukung program Universal Akses tahun 2019 yaitu 100 persen akses air minum, nol persen kawasan kumuh dan 100 persen sanitasi yang layak.
Demikian disampaikan Bupati Demak saat Pencanangan/Deklarasi Kecamatan Guntur Open Defecetion Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembarangan (STOP BABS) di Halaman Kecamatan Guntur, Selasa (6/8).
Dikatakannya, Pemerintah terus berusaha untuk mengatasi masalah sanitasi, terutama akses penduduk terhadap jamban sehat. Dalam indikator Program Indonesia Sehat adalah satu keluarga memiliki jamban sehat. “Dari kegiatan ini harapannya bisa terwujud pembangunan berwawasan kesehatan, wujud nyatanya berupa penyiapan Desa Stop BABS,” katanya.
Di Kabupaten Demak sendiri, Lanjut Bupati, masih ada keluarga yang buang air besar di sembarang tempat, salah satunya di sungai. Maka dibutuhkan suatu upaya nyata untuk mengubah kebiasaan tersebut. Mengingat dampak dari buang air besar sembarangan dapat berakibat buruk bagi kesehatan seperti timbulnya penyakit diare. Buruknya kondisi sanitasi di lingkungan tempat tinggal disinyalir menjadi penyebab utama penyakit ini.
“Semoga deklarasi ini dapat menginspirasi kecamatan yang lain untuk segera mencanangkan/mendeklarasikan STOP Buang Air Besar Sembarangan. Karena dengan STOP BABS serta kebiasaan cuci tangan memakai sabun usai dari jamban, setelah menceboki anak, sebelum menghidangkan makanan dan setelah memegang hewan ternak, dapat memutus mata rantai penularan penyakit,” jelas Bupati.
Di akhir sambutan Bupati mengajak menjadikan kegiatan ini sebagai momentum guna bersama-sama mengedukasi masyarakat untuk suksesnya Program Demak Bebas Buang Air Besar Sembarangan. “Tingkat derajat kesehatan masyarakat itu dimulai dari kebersihan diri sendiri. Mari biasakan diri untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.
Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M. Kes memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Camat Guntur, Kepala Puskesmas Guntur yang bisa berkolaborasi sangat bagus sehingga hari ini bisa mendeklarasikan ODF BABS.
Ia mengajak peserta yang hadir untuk melakukan hal kecil saja dan tidak perlu muluk-muluk. “Lakukan hal kecil yang bisa mengatasi masalah, karena hal kecil yang anda lakukan itu sudah luar biasa,” katanya.
Singgih menghimbau untuk memulai hidup sehat dari diri sendiri dan mulai sekarang juga. “Mulai sekarang jangan konsumsi gorengan, makanan cepat saji dan jangan merokok. Karena merokok sangat berbahaya bahkan bagi perokok pasifnya,” kata Singgih. (Humas Demak)

Bagikan