Aug 08

Sekda Membuka Jalan Sehat dan Wedung EXPO 2019

DEMAK – Sekda Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes. didampingi Camat Wedung Mulyanto memberangkatkan peserta jalan sehat dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di Halaman Balai Desa Buko Kecamatan Wedung Rabu (7/8).
Sebelum bendera start dikibaskan, Singgih didampingi Camat Wedung bersama Forkopimcam dan Ketua UPK Wedung Ahmad Rifa’i menyerahkan bantuan dana yang dikelola UPK Wedung berupa Dana GNOTA sejumlah Rp. 12.600.000,- yang diberikan untuk 46 siswa SD/MI dan 19 siswa SMP/MTs. Selain itu juga bantuan sebanyak Rp. 20.000.000,- untuk 20 unit jamban di desa-desa se Kecamatan Wedung.
“Saya sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan Jalan Sehat dan Wedung EXPO 2019, karena ini salah satunya kecamatan yang sudah sukses mengadakan pameran produk-produk unggulan. Harapannya semoga bisa menjadikan percontohan kecamatan yang lain dalam meningkatkan ekonomi masyarakatnya,” jelasnya.
Di tambah lagi adanya bantuan yang benar-benar keren yaitu bantuan langsung menyentuh keinginan masyarakat wedung. Dana GNOTA (Gerakan Nasional Orang Tua Asuh) merupakan langkah yang terbaik membantu warga miskin yang tidak mampu membiayai anak-anaknya. “Hal Ini menjadi cara paling jitu untuk pengentasan kemiskinan di wilayah Kecamatan Wedung,” terang Singgih.
Selain itu, lanjutnya, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan masyarakat secara sadar dapat mewujudkan kesehatan yang optimal dan terbebas dari berbagai macam penyakit. “Dengan perilaku hidup sehat dengan pengelolan sanitasi bersih adalah kebutuhan mutlak setiap orang, lebih lengkap lagi apabila diimbangi cuci tangan sebelum makan,” tuturnya.
Disamping itu Camat Wedung Mulyanto menyampaikan, kegiatan EXPO akan kita jadikan Rutinitas tahunan dan tempatnya akan kita gilir dari desa ke desa, sehingga ada unsur pemerataan. “Kami berharp potensi UMKM dan ekonomi di Kecamatan Wedung semakin berkembang, dengan EXPO bisa lebih dikenal dan mempermudah akses pemasaran,” ungkapnya.
Ketua UPK Wedung Rifai menjelaskan, Wedung Expo 2019 yang mengangkat tema ‘Pameran Kuliner, Produk Industri dan Olahan Unggulan Desa’ diikuti sebanyak 29 stand UMKM dalam Festival kuliner, didalam expo juga diadakan lomba rebana modern pesertanya sejumlah 20 grup rebana. Selain itu turut meramaikan stand ada stand forum UMKM, forum UPK dan Bank BTN.
Fadholi Kabid Pengembang Usaha Ekonomi Dinpermasdes Kabupaten Demak mengatakan kami selaku OPD pembina UPK Wedung mengapresiasi sebesar-besarnya bahwa Kecamatan Wedung memiliki bidang UMKM dan Pariwisata yang sangat bagus untuk dikembangkan. Banyak produk unggulan desa, baik olahan makanan maupun produk industri yang terkenal dari Wedung. Selain itu juga bisa menjadi contoh UPK di kecamatan lain. (Humas Demak)

Bagikan