Aug 08

Demak Sambut Idul Adha Dengan Mudarosah Al-Qur’an Bil Khifdhi

DEMAK – alam rangka menyambut Idul Adha 1440 Hijriyah Tahun 2019 diselenggarakan acara Mudarosah Al-qur’an Bil Khifdhi di Serambi Masjid Agung Demak Rabu (7/8).
Khataman Al-qur’an yang merupakan rangkaian prosesi Grebeg Besar tersebut diawali dengan membaca surat Al-Fatihah. Para santri dari Beberapa Pondok Pesantren membaca satu juz Al-Qur’an secara bergantian dan berurutan kemudian dilanjutkan dengan santri yang lainnya secara berkelompok hingga 30 juz. Dan diakhiri dengan do’a Khotmil Qur’an.
Takmir Masjid Agung Demak sebagai panitia penyelenggara berharap, kegiatan rangkaian prosesi grebeg besar dapat berjalan lancar dan sukses. Seperti diketahui Ta’mir Masjid Agung juga akan menyelenggarakan sholat Idul Adha bersama pada hari Ahad 11 Agustus 2019 di Halaman Masjid Agung Demak, dan di siang harinya akan diselenggarkan penyembelihan hewan qurban.
Sementara itu Bupati Demak, HM. Natsir mengatakan hikmah yang dapat diambil dari penyelenggaraan acara mudarosah yaitu umat yang mau membaca Al-Qur’an berkedudukan tinggi dalam agama dan di hadapan Allah SWT. Hal tersebut selaras dengan program pemerintah yaitu Gerakan “Maghrib Matikan TV, Ayo Mengaji” serta Demak Kabupaten Literasi.
Bupati berharap dengan penyelenggaraan mudarosah Al-Qur’an, perayaan dan rangkaian prosesi Grebeg Besar dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman. Lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an dari para khafidz khafidzoh, serta do’a kyai, ulama, dan seluruh masyarakat Demak senantiasa dapat mengiringi semua kegiatan dalam upaya melestarikan budaya leluhur yang setiap tahun rutin diselenggarakan. (Humas Demak)

Bagikan