Aug 12

Ribuan Orang Meriahkan Ritual Penjamasan Pusaka Sunan Kalijaga

DEMAK – Ribuan masyarakat meriahkan Ritual penjamasan pusaka Keris Kyai Cerubuk peninggalan Kanjeng Sunan Kalijaga di Kadilangu, Demak. Tak hanya warga dari Demak saja, bahkan warga dari wilayah lain pun turut memadati di lokasi tersebut, Minggu (11/8/2019).
Ritual Penjamasan tersebut telah dilaksanakan secara turun temurun, dimana penjamasan pusaka-pusaka tersebut akan dijamas oleh Sesepuh Kadilangu beserta 9 Tim Ahli Waris Sunan Kalijaga Demak.
Diharapkan kedepan dan seterusnya penjamasan hanya akan dilaksanakan sekali saja. Penjamasan itu dilakukan selain sebagai sarana menguri-uri budaya, juga mengguyubkan seluruh keturunan Sunan Kalijga Demak,
Sementara tim penjamas pusaka yang juga masih keturunan Sunan Kalijaga, Raden Prayitno mengatakan, hanya 25 orang yang diperkenankan masuk ke areal makam. Selain ahli waris, mereka yang masuk adalah anggota Forkimpinda dan jajaran pejabat lainnya.
“Yang dijamas adalah Ageman Kyai Kotang Ontokusumo, Keris Kyai Carubuk dan Keris Kyai Sirian,” kata Prayitno.
Dari 25 orang, lanjutnya, mereka yang bertugas menjamas pusaka hanya tujuh orang. Menurutnya, tim penjamas pusaka ditutup matanya. “Sebelum menjamas, minyak diarak dari Gedung Pangeran Wijil V Kadilangu menuju makam oleh ratusan ahli waris Sunan Kalijaga,” katanya.
Saat arak-arakan minyak jamasan, ribuan orang membludak di jalan. Di barisan depan, tampak pembawa cawan yang berisi minyak jamas dan bunga serta uang koin. Bunga dan uang koin itu lantas dilemparkan ke kanan dan ke kiri di mana ribuan warga berjajar. “Tak ayal, bunga dan uang koin itu jadi rebutan,” jelasnya.
Saat prosesi penjamasan keris pusaka peninggalan Sunan Kalijaga, pejabat yang masuk ke dalam makam Sunan Kalijaga adalah Bupati dan Wakil Bupati Demak, Ketua DPRD, Kapolres Demak, Dandim 0716/Demak, Kajari Demak, Sekda Demak, Staf Khusus Kepresidenan, Kajati Jawa Tengah, Ketua PMI Demak, Ketua Takmir Masjid Agung Demak, Kabid Daltib Dishub Semarang, dan lainnya. (Humas Demak)

Bagikan