Aug 14

50 Anggota DPRD Demak Wajib Tancap Gas dalam Mngemban Amanat Rakyat

DEMAK – Keceriaan terlihat pada raut wajah 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Demak. Meskipun ada sebagian yang terlihat sedikit tegang namun terpancar sebuah kebahagian. Nuansa tersebut mewarnai pelantikan anggota DPRD kabupaten Demak untuk periode 2019-2024, berlangsung di ruang sidang paripurna DPRD pada Rabu (14/8). Acara sidang paripurna istimewa dengan acara pengucapan sumpah / janji anggota DPRD Demak masa keanggotaan 2019-2024 di hadiri Bupati HM. Natsir beserta Forkopimda. Ke 50 anggota dewan dari delapan partai politik diambil sumpahnya oleh ketua Pengadilan Negeri Demak Agam Syarief Baharudin SH.MH. Adapun delapan partai politik yang berhasil meraih kursi pada pemilihan legislatif tahun 2019 meliputi PDIP 11 kursi, PKB 9 kursi, Partai Gerindra 8 kursi, Partai Golkar 7 kursi, Partai NasDem 6 kursi, PPP 5 kursi, Partai Demokrat 3 kursi dan PAN 1 kursi.

Sementara untuk perhitungan jumlah daerah pilihan meliputi lima Dapil dengan jumlah masing masing dapil 1 jumlah 12 orang, dapil 2 memperoleh 8 orang, dapil 3 sebanyak 8 orang, dapil 4 jumlah 11, dan dapil 5 jumlah 11 orang. Menurut plt srkretaris dewan Ahnad Nur Wahyudi ke 50 anggota dewan yang dilantik hari ini sudah ditentukan oleh KPU melalui sidang pleno terbuka beberapa waktu lalu. Namun yang dapat hadir nengikuti hanya 47 orang sedangkan 3 orang berhalangan hadir masih menjalankan ibadah haji ditanah suci. Namun demikian saat pengambilan sumpah kali ini masih banyak anggota lama yang terpilih kembali lebih kurang 45% jelasnya. Bupati Demak HM.Natsir dalam sambutannya membacakan sambutan gubernur jawa tengah mengatakan, ” junjung tinggi integritas, jaga sumpah janji yang tadi telah diucap, segera untuk memahami wewenang, tugas pokok dan fungsi sebagai wakil rakyat dan segera tancap gas dalam menjalankan amanah rakyat”.
Pelantikan anggota dewan yang dilaksanakan di Demak dibarengi 10 kabupaten/kota diJawa Tengah yang bersamaan jadwalnya. Meliputi kabupaten Rembang, Banjarnegara,Purworejo, Grobogan, Batang, Pekalongan dan Klaten. Sedangkan tiga kota lainya Salatiga, kota Semarang dan kota Pekalongan. (rdy)

Bagikan