Aug 14

Mudahnya Budidaya Ikan Lele

DEMAK – Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sanggup hidup dalam kepadatan tinggi. Ikan tersebut memiliki tingkat konversi pakan menjadi bobot tubuh yang baik. Dengan sifat seperti itu, budidaya ikan lele akan sangat menguntungkan bila dilakukan secara intensif. Hal itu dijelaskan oleh Penyuluh Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Puspitasari Purnama Putri, S.Pi., M. Si. Saat menyambangi Radio Suara Kota Wali kemaren, Selasa (13/8).
Ia menjelaskan, keunggulan ikan lele dapat dipelihara dengan padat tebar tinggi sehingga hemat dalam penggunaan lahan, dapat memanfaatkan lahan marjinal dengan hemat air, dapat dikembangkan mulai skala usaha kecil sampai besar, dapat dikembangkan dengan segmentasi usaha yang menguntungkan, teknologi pembenihan dan pembesaran mudah dikuasai, potensi pasar cukup tinggi dan daging dapat diolah untuk meningkatkan nilai jual.
Lebih lanjut wanita yang akrab disapa Putri itu juga menjelaskan, terdapat dua segmen usaha budidaya lele, yaitu segmen pembenihan dan segmen pembesaran. Segemen pembenihan bertujuan untuk menghasilkan benih ikan lele, sedangkan segmen pembesaran bertujuan untuk menghasilkan ikan lele siap konsumsi.
Walaupun budidaya ikan lele terhitung mudah, kata Putri, namun syarat hidup ikan lele harus diperhatikan. Yang pertama, ikan lele dapat hidup pada suhu optimal antara 20° C sampai dengan 28° C. Adapun untuk pertumbuhan larva diperlukan kisaran suhu antara 26°C sampai 30°C. Yang kedua, perairan tidak boleh tercemar oleh bahan kimia limbah industri, merkuri, atau mengandung kadar minyak dan bahan lainnya yang dapat mematikan lele. Yang ketiga, perairan yang baik adalah banyak mengandung zat zat yang dibutuhkan ikan dan bahan makanan alami perairan tersebut, bukan perairan yang rawan banjir. Selanjutnya, permukaan perairan tidak boleh tertutup rapat oleh sampah atau daun-daunan hidup. Yang terakhir tingkat pH antara 6,5-9,0. (Humas Demak)

Bagikan