Pohon Beringin di Demak Terbakar
>
>
Pohon Beringin di Demak Terbakar

DEMAK – Pohon beringin yang berada di salah satu sudut Simpang Enam ludes terbakar kemaren sore, Rabu (14/8) .
Antok, juru parkir area Masjid Agung (23 tahun) yang secara langsung menyaksikan kejadian tersebut mengatakan, pada pukul 17.00 WIB terlihat api menyala dari bagian bawah pohon beringin. Kondisi pohon yang sudah tua dan kering membuat api cepat menyebar dan menghabiskan seluruh batang pohon. “Tidak ada yang tau apa yang menyebabkan pohon ini terbakar,” terangnya.
Api baru bisa dipadamkan setelah petugas Satpol PP menghubungi Damkar yang tiba di lokasi pukul 17.10 WIB. Api berhasil dipadamkan sehabis maghrib.
Karena adanya kendala jaringan listrik, Damkar berkoordinasi dengan PLN untuk memutus jaringan. Setelah itu, Damkar baru bisa melakukan pemadaman. Setelah api padam, PMI serta BPBD berusaha membantu mengevakuasi puing-puing batang beringin. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
Sebagaimana diketahui, Pohon beringin dan alun-alun adalah sangat khas dan bagai dua sisi mata uang yang saling berdampingan. Pohon tersebut sangat bermanfaat sebagai peneduh di siang hari. Menurut sejarah, pohon beringin yang adalah Jawanisasi dari pohon suci kalpataru secara simbolik bermakna sebagai pelindung bagi keabadian kerajaan dan pemerintahan yang berada di bawahnya. Hal itu merupakan unsur penting pada struktur arsitektural alun-alun klasik Jawa.
Jika dicermati, hampir tiap kota di setiap sudut pulau jawa memiliki konsep tata ruang yang hampir sama dalam penataan pusat kotanya. Masjid dan balaikota yang menghadap alun-alun adalah salah satu ciri khasnya. Keberadaan alun-alun di tiap pusat kota seolah-olah menjadi salah satu identitas bagi kota-kota di pulau Jawa.
Banyak yang mengatakan bahwa konsep alun-alun pertama kali dicetuskan di kota Demak pada masa kerajaan Demak atas prakarsa dari Sunan Kalijaga. Bahkan lanskap keraton atau balaikota beserta beringin dan masjid Agung yang mengelilingi alun-alun juga konon merupakan rancangan dari Sunan Kalijaga. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart