Tangani Stunting Dengan Bintek Fasilitator 1000 HPK
>
>
Tangani Stunting Dengan Bintek Fasilitator 1000 HPK

DEMAK – Dalam rangka menangani stunting di Kabupaten Demak, Pemerintah terus mengupayakan pencegahan dan penanggulangan stunting. Salah satunya dengan menyelenggarakan bimbingan teknis fasilitator 1000 HPK (Hari Pertama Kelahiran) di Pendopo Satya Bhakti Praja, Kamis (22/8).
Kepala Dinas Sosial Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Demak Eko Pringgolaksito dalam arahannya di depan Pengawas, Penilik PAUD dan TP PKK mengatakan, kegiatan tersebut selaras dengan Tema peringatan HUT RI ke-74 yakni SDM yang unggul dan berdaya saing cerdas dan berprestasi. ”Untuk mencetak generasi bangsa Indonesia yang cerdas dan berprestasi harus di mulai sejak 1000 pertama kelahiran supaya terbebas dari stunting,” katanya.
Ia menjelaskan, berdasarkan data BPS, secara nasional 30 persen penduduk anak usia dini di Indonesia terancam stunting. Sedangkan di Kabupaten Demak sendiri ada tiga ribu lebih yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Demak. ”Ini merupakan PR bagi Kabupaten Demak sehingga ada kebijakan yang diambil yakni dengan mensosialisasikan bahayanya stunting bagi generasi muda,” katanya.
Menurutnya, Ibu-Ibu lah yang lebih dekat pengasuhannya dengan anak-anak, sehingga pendidikan keluarga dirasa sangat penting. ”Untuk itu dimulai sejak hamil dalam kandungan, masa nifas bahkan sampai usia tiga tahun,” ungkapnya.
Ia menghimbau kepada TP PKK tingkat desa maupun tingkat kecamatan supaya Program Keluarga Harapan (PKH) dioptimalkan, karena peserta PKH untuk komponen kesehatan di danai dari pemerintah. ”Untuk ibu hamil denga kategori miskin dapat alokasi 2,4 juta per tahun, dengan harapan bayi yang lahir terhindar dari stunting” ujarnya.
Di akhir arahannya ia menyampaiakn akan memberdayakan Ibu-Ibu yang berpotensi dalam penanggulangan stunting. ”Di seluruh OPD di Kabupaten Demak semuanya serius dan konsentrasi menangani stunting di Kabupaten Demak”, pungkasnya. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart